ANALISIS EFEKTIVITAS ETSY OFFSITE ADS DALAM MENINGKATKAN REVENUE


Ingga Fattira, Iis Mariam, Erlyn Rosalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi dan hasil penggunaan Etsy offsite ads dalam meningkatkan revenue. Penelitian yang dilakukan pada toko Takumi Kent ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah dari pemilik online shop Takumi Kent. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara mendalam semi terstruktur, dokumentasi, serta triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi awal guna meningkatkan revenue online shop Takumi Kent melalui Etsy offsite ads adalah dengan melakukan optimasi listing. Optimasi listing dilakukan dengan memaksimalkan semua fitur yang ada pada Etsy listing. Pada online shop Takumi Kent, listing sudah teroptimasi dengan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan traffic visits dan views yang cukup besar dari tahun 2017–2021. dari tahun 2017–2021. Adapun hasil penggunaan Etsy offsite ads pada online shop Takumi Kent di marketplace Etsy menunjukkan bahwa penggunaan Etsy offsite ads belum cukup efektif dalam meningkatkan revenue pada online shop Takumi Kent. Hal ini dibuktikan dari angka conversion rate yang cukup rendah pada tahun 2020 sebesar 0,183% dan pada tahun 2021 (Januari–Juli) sebesar 0,177%. Conversion rate dari tahun 2020 hingga 2021 (Januari–Juli) belum cukup efektif karena tidak mencapai benchmark rata-rata conversion rate di angka 2,35%.

Full Text:

Untitled PDF

References


Journal Article

Ham, Ferry Christian, dkk.. 2018. “Analisis Pengakuan Pendapatan dan Beban Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Prisma Dana Manado”. Dalam Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, No. 2 (MMXVIII). Manado.

Helmalia dan Afrinawati. 2018. “Pengaruh E-commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang”. Dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, No. 2 (MMXVIII). Padang.

Hakim, Lukman. 2020. “Efektivitas Penggunaan Facebook Advertising Pada Penjualan Produk Umrah PT Albis Nusa Wisata Jakarta”. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hasna, Firlya. 2020. “Analisis Efektivitas Search Engine Optimization (SEO) dan Facebook Ads Dalam Meningkatkan Pengunjung Tourism Website”. Malang: Universitas Brawijaya.

Book

Andrew, J. Craig dan Terence A. Shimp. 2018. Advertising, Promotion, and other aspects of Integrated Marketing Communication, Tenth Edition. Boston: Cengage Learning.

Elida, Tety dan Ari Raharjo. 2019. Pemasaran Digital. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Erisman dan Azhar. 2019. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Deepublish

Fitrah dan Luthfiyah. 2017. Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Kingsnorth, Simon. 2019. Digital Marketing strategy: an integrated approach to online marketing. London: Koran Page.

Miles, Matthew B., dkk. 2014. Qualitative data analysis: a methods sourcebook. Amerika Serikat: SAGE Publications, Inc.

Moloeng, Lexy. J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moriarty, Sandra, dkk. 2015. Advertising Edisi Kedelapan. Terjemahan oleh Triwibowo BS dari Advertising (2015). Jakarta: Prenada.

Muljono, Ryan Kristo. 2018. Digital Marketing Concept: Penggunaan Konsep Dasar Digital Marketing untuk Membuat Perubahan Besar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Priansa, Donni Juni. 2017. Manajemen Sekretaris Perkantoran. Bandung: Pustaka Setia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.