PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN SISTEM QRIS TERHADAP KEPUTUSAN BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN QRIS PADA UMKM


Anastasia Anggi Palupi, Tuti Hartati, Nidia Sofa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara literasi keuangan dan kemudahan penggunaan sistem QRIS terhadap keputusan bertransaksi menggunakan QRIS pada UMKM di Kecamatan Beji dan Sukmajaya Kota Depok. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, total perhitungan sampel dari 1.555 populasi menggunakan rumus Slovin dengan batas toleransi kesalahan 10 persen, diperoleh hasil 100 sampel. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SPSS 22 for windows. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji T, uji F, uji koefisien determinasi R2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan regresi bernilai positif. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi (R2) yang diperoleh, keputusan penggunaan sistem QRIS dipengaruhi oleh literasi keuangan dan kemudahaan penggunaan sistem QRIS. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara simultan maupun parsial variabel literasi keuangan dan kemudahan penggunaan sistem QRIS berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan QRIS. Hal tersebut menandakan bahwa variabel literasi keuangan dan kemudahan penggunaan sistem QRIS dapat dijadikan sebagai salah satu acuan strategi bagi lembaga jasa keuangan untuk meningkatkan keputusan menggunakan QRIS sebagai sistem pembayaran dalam transaksi jual beli pada UMKM di Kecamatan Beji dan Sukmajaya Kota Depok.


Full Text:

PDF

References


APJII. 2020. “Laporan Survei Internet APJII 2019-2020 (Q2)”. (https://apjii.or.id diakses 14 Maret 2021).

Bank Indonesia. 2020. “QR Code Indonesian Standard (QRIS)”. (www.bi.go.id diakses 21 Mei 2021).

Jayani, Dwi Hadya. 2021. “UMKM Pengguna QRIS Meningkat 316% Selama Pandemi Covid-19”. (https://databoks.katadata.co.id/ diakses 15 Maret 2021).

Ningsih, Hutami dkk. 2021. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik Pada Mahasiswa”. Jurnal IKRA ITH Ekonomika.Vol. 4(1). pp. 1-9.

Otoritas Jasa Keuangan. 2020. “Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019”. (www.ojk.go.id diakses 15 Maret 2021).

Safira, Marisa Eka dan Susanti. 2020. “Pengaruh Literasi Keuangan, Promosi Uang Elektronik, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, dan Keuangan. Vol. 4(2). pp. 99-110.

Sari, Amalia. 2019. “Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah Terhadap Penggunaan Produk Tabungan di Bank BNI Syariah Kota Malang”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Vol. 7(2).

Widayanti, Wiwik. 2020. “Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet OVO di Depok”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol. 7(1). pp. 54-63. ISSN: 2355-2700.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.