KUNCI SUKSES EVENT BERBASIS TAHAPAN MODEL “GOLDBLATT”: STUDI KUALITATIF EVENT ICTM 2020


Auliana Ramadhan, Sudarno Sudarno

Abstract


Pemilihan dan penetapan tahapan kerja dalam merencanakan sebuah event sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah event. Dalam penelitian ini, peneliti terlibat langsung dalam merencanakan event Indonesia Corporate Travel and MICE (ICTM) 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata yang berkolaborasi dengan PT Biztrip Teknologi Multimedia Solusi di lima kota yang berbeda, yaitu Bali, Malang, Jakarta, Yogyakarta, dan Bogor pada Tahun 2020. Metode yang digunakan adalah analisa data deskriptif kualitatif, dimana Peneliti berperan sebagai alat utama dalam pengumpulan berbagai hasil dokumentasi dan pengamatan langsung selama Peneliti melakukan kegiatan praktik kerja lapangan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara langsung, yaitu, dengan observasi dan melakukan partisipasi aktif dalam pelaksanaan ICTM 2020 dengan cara observasi dan mencatat seluruh kegiatan ICTM mulai dari pre, during dan post event. Dari data yang diperoleh terdapat kelebihan dan kekurangan yang berdampak pada tidak maksimalnya efektivitas kerja dan kinerja secara keseluruhan. Namun tahapan-tahapan kerja yang sudah dilakukan menunjukkan hasil yang positf dalam meningkatkan angka stakeholders yang hadir, sehingga menciptakan awareness yang lebih tinggi. Penelitian ini tidak hanya bermanfaat untuk para perencana sebuah project di dalam menangani sebuah event guna memilih dan menetapkan tahapan-tahapan kerja yang efektif, namun implikasinya dapat digunakan juga sebagai acuan untuk perencanaan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan pada sektor MICE lainnya.


Full Text:

PDF

References


Andreas, 2018. “Pengaruh Event Marketing Terhadap Brand Image PT Sarana Usaha Sejahtera Insan Palapa” (http://digilib.polban.ac.id/files diakses pada 19 Desember 2020 Pukul 20.25 WIB)

Admin, 2017. “Event Marketing” (https://bbs.binus.ac.id Diakses pada 21 Desember 2020 Pukul 12.33 WIB)

Bisma, 2020. “Pengertian Model Bisnis B2B, B2C, B2G” (https://www.masbisma.com/2020 diakses pada 23 Desember 2020 Pukul 20.15 WIB)

Goldblatt. 2014. Special Events: Creating and Sustaining a New World for Celebration. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Hoyle, Leonard H. 2006. Event Marketing. Jakarta: Penerbit PPM.

Kesrul, M. 2004. Meeting, Incentive, Trip Conference, Exhibition. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. Jakarta: PT Indeks.

Nugroho Ajie Hartono, Susanne Dida, Hanny Hafiar. 2017. “Pelaksanaan Kegiatan Special Event Jakarta Goes Pink oleh Lovepink Indonesia”. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.