PENGARUH BRAND AMBASSADOR KOREA DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT KONSUMEN CLIO PROFESSIONAL


Alifia Azzahra, Wahyudi Utomo, Riza Hadikusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai pengaruh brand ambassador Korea dan promosi penjualan terhadap minat beli konsumen Clio Professional di Kota Jakarta Selatan. Bentuk metode dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan konsumen wanita yang menggunakan produk kosmetik Clio, menggunakan teknik Purposive Sampling dengan metode Proportional Stratified Random Sampling. Penentuan jumlah sampel didapatkan sebanyak 80 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi pustaka, sedangkan dalam teknik analisis data dilakukan uji validitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi menggunakan program SPSS versi 25.0. Berdasarkan hasil uji secara parsial, variabel brand ambassador Korea tidak berpengaruh dan signifikan terhadap minat beli konsumen Clio Professional dengan nilai t hitung < t tabel sebesar -2,080. Sedangkan variabel promosi penjualan memiliki pengaruh yang lebih besar dan signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai t hitung > t tabel sebesar 4,117. Koefisien determinasi nilai R sebesar 0,255 menunjukkan bahwa 25,5% minat beli konsumen dipengaruhi oleh variabel independen, yaitu brand ambassador Korea dan promosi penjualan. Sementara nilai yang tersisa sebesar 74,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini

Full Text:

PDF

References


Buku

Anderson, C.S dkk. 2014. The global impact of South Korean popular culture: Hallyu unbound. Lexington books.

Angelica dan Cahyani, Ria. Tanpa Tahun. Pemasaran Dasar-Dasar: Pendekaran Manajerial Global Buku 2, Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat.

Assauri, S. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cannon, Joseph P dkk. 2008. Basic Marketing, A Global-Managerial Approach. Terjemahan oleh Diana Angelica dan Ria Cahyani (Tanpa Tahun). Jakarta: Salemba Empat.

Firmansyah, M.A. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Penerbit Qiara Media.

Mertha Jaya, I Made Laut. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.Kotler, Philip. 2000. Marketing Management. Milenium Edition. New Jersey: Prentice Hall Intl.

Laksana, Muhammad Fajar. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Jawa Barat: Khalifah Mediatama.

Lea Greenwood, Gaynor. 2012. Fashion Marketing Communications E-book. Somerset, NJ, USA: Wiley.

Rangkuti, F. 2013. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Gramedia Pustaka Utama.

Sukirno, S. 2017. Pengantar Bisnis. Jakarta: Prenada Media

Jurnal

Aptaguna, A dan Pitaloka, E. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go Jek. WIDYAKALA: Journal of Pembangunan Jaya University. Vol. 3, Halaman 49-56.

Saputro, A. 2018. Pengaruh Digital Marketing dan Brand Ambassador dalam Membentuk Brand Identity sebagai Variabel Intervensi terhadap Purchase Intention Pada Produk Markobar. Jurnal Strategi Pemasaran. Vol. 5 No. 2.

Wirayanthy, N dan Santoso, S. 2018. Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD). Vol. 1 No. 2, Halaman 87-96.

Wulandari, C, Siburian, P.S dan Asnawati, A. 2019. Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo F3 di Samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), Vol. 3 No. 4.

Internet

Clio Professional. 2019. “History About Clio.” (https://cliocosmetic.com/ diakses pada 7 Juli 2021).

Hye-Jeong, Kim. 2021. “스트레이 키즈, 메이크업 브랜드 ‘클리오’ 새 얼굴 발탁.” (https://n.news.naver.com/ diakses 14 Juni 2021).

Odile Monod. 2021. “December 2020 Korean Beauty Company Ranking Announced.” (https://themonodist.com/ diakses 28 Mei 2021).

The Nolja. 2020. “Merayakan 1 Dekade #KpopTwitter.” (https://twitter.com/ diakses 6 Juni 2021).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.