PROSES PENDUKUNGAN EVENT INDONESIA CORPORATE TRAVEL AND MICE (ICTM) OLEH KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF


Nandita Ayu Putri, Tuty Herawati

Abstract


Adanya pandemi COVID-19 membuat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan berbagai pendukungan terhadap industri MICE dan pariwisata Indonesia dengan melakukan sosialisasi dan mengadakan forum industri MICE. Oleh karena itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bersama dengan PT. Biztrips Teknologi Multimedia Solusi, PT. Janu Dwi Putra, dan MNC Group melakukan pendukungan terhadap event ICTM yang diadakan di 5 kota yaitu, Bali, Malang, Jogja, Jakarta dan Bogor dengan memfasilitasi penuh seluruh kebutuhan acara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses serta bentuk pendukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terhadap event ICTM. Event ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, melakukan observasi data dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Teknik pengolahan data yang digunakan bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian, proses pendukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan pendukungan melalui tahapan proses penerimaan surat permohonan, disposisi persetujuan, pengecekan ketersediaan dana, pelaksanaan dan laporan penyelenggaraan event.

Full Text:

PDF

References


Desthiani, Unik dan Suwandi. 2019. MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition). Tangerang Selatan: UNPAM PRESS

Evelina, Lidia. 2011. Paradigma Baru Sponsor sebagai Mitra Penyelenggaraan Event. Humaniora. 2(2): 986.

Hermelindo, Teguh. 2018. Strategi promosi pada event pesta kopi mandiri Pontianak 2018 oleh PT. Inhype Kreatif Indonesia.

Karsonno, Dwi. 2016. Bisnis Pameran Ala Dwi Karsonno. ed. Aris Wijaya. Bee Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.