SALING PENGARUH ANTARA JURNALISTIK ONLINE, MEDIA SOSIAL DAN GENERASI Z


Azhmy Fawzi My

Abstract


Jurnalistik Online yang kini tengah booming di masyarakat, dikenal sebagai new media dengan informasi yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet. Karakteristik Jurnalistik Online yang memiliki keunggulan dapat memuat beberapa format sekaligus dalam bentuk multimedia maupun kemampuan interaktifnya, memberi pengaruh bagi Generasi Z pada rentang usia 12 – 27 tahun untuk menyukai media sosial. Pada akhirnya, kecanduan media sosial menjadikan mereka sangat sulit melepas diri dari digitalisasi dalam berbagai aplikasinya. Dengan melihat sisi positif digitalisasi, diharapkan Generasi Z dapat berkreatifitas untuk berkiprah dalam bidang Jurnalistik Online. (1) Memberi pemahaman kepada masyarakat, khususnya Generasi Z, tentang dampak negative digitalisasi dalam kehidupan, (2) Memberikan solusi untuk memperoleh sisi positif digitalisasi (3) Mengembangkan kreatifitas dan prestasi yang dapat diraih pada dunia digital, (4) Menghidupkan minat dan memaksimalkan potensi Generasi Z dalam mengolah tulisan, foto jurnalistik maupun pembuatan berita untuk media berbasis online.


Full Text:

pdf

References


Asep Syamsul M. Romli, Jurnalistik Online, Panduan Mengelola Media Online, Penerbit Nuansa Cendekia, Bandung, 2018.

Vika Azkiya Dihni, Dilema Dua Sisi Media Sosial di Tangan Gen Z - Analisis Data Katadata.co.id, 29 Agustus 2022, 18.22

Robert Katz, Gen Z are not ‘coddled.’ They are highly collaborative, self-reliant and pragmatic, according to new Stanford-affiliated research, Stanford News, January 3, 2022

Ghai S; Magis-Weinberg L; Stoilova M; Livingstone S; Orben A, Social media and adolescent well-being in the Global South External, 2022

Melissa Hunt, “The Pros and Cons of Social Media in Our Lives” Catherine Graceo.com, 16 Januari 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.