Perancangan Ulang Label Kemasan Chip&Joe


Graciela Adella, Yulianto Hadiprawiro, Yulianto Hadiprawiro, Wiwi Prastiwinarti, Wiwi Prastiwinarti

Abstract



Label adalah salah satu bagian penting dari sebuah produk, karena label memiliki fungsi sebagai tempat informasi mengenai suatu produk. Selain itu, fungsi label adalah sebagai identitas dari sebuah produk yang akan dipasarkan. Label produk dapat mempermudah konsumen dalam memilih produk yang akan dibelinya dan menjadi penguat branding usaha dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Namun masih banyak pelaku UMKM yang belum menyadari pentingnya label dalam sebuah produk. Salah satunya yaitu Chip&Joe, brand penjual mainan edukatif berbasis montessori untuk anak. Terdapat beberapa hal mengenai label Chip&Joe yang tidak memenuhi syarat penggunaan label. Oleh karena itu, penting melakukan perancangan ulang label pada kemasan Chip&Joe. Karya yang dibuat yakni tiga desain dengan label yang berbeda sesuai bentuk kemasan. Analisis visual pada karya ini sudah disesuaikan dengan peraturan dasar sebuah pembuatan desain kemasan berdasarkan sumber yang jelas. Dari pembuatan kemasan ini, diharapkan mampu untuk memperkuat identitas produk sebagai mainan edukatif berbasis montessori untuk anak, serta promosi desain yang mendukung keberlangsungan kemasan bagi lingkungan sekitar agar tercapainya produk UMKM yang berkualitas.   



Full Text:

PDF

References


Marinus, Angipora. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.