Perancangan Ulang Identitas Visual PT. Satu Frekuensi Abadi


Sandi Kurniawan, Andriyanto Andriyanto, Zulkarnain Zulkarnain

Abstract


Identitas visual yang dapat mempresentasikan image brand dan pengaplikasian yang terkonsep dapat meningkatkan brand awareness dan brand positioning. PT. Satu Frekuensi Abadi adalah perusahaan penyedia layanan internet dan kontraktor infrastruktur telekomunikasi yang berbasis di Jakarta, Indonesia. PT. Satu Frekuensi Abadi sebelumnya sudah memakai identitas visual, tetapi identitas visual yang dimiliki tidak berkonsep dan tidak mencerminkan citra dari PT. Satu Frekuensi Abadi yaitu futuristic untuk bisa meningkatkan brand awareness dan brand positioning yang akan berdampak secara langsung terhadap perusahaan yang ingin mengembangkan infrastruktur perusahaan tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan perancangan ulang identitas visual PT. Satu Frekuensi Abadi. Untuk pengumpulan data, metode yang digunakan adalah metode kualititatif – deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka dengan cara membaca refrensi dari buku dan jurnal, observasi langsung ke perusahaan PT. Satu Frekuensi Abadi, survei kuesioner untuk mendapatkan consumer insight, dan wawancara yang dilakukan oleh pemimpin dari PT. Satu Frekuensi Abadi. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perancangan identitas visual yang berkonsep dan mencerminkan citra brand sangat diperlukan untuk brand positioning dan membangun brand awareness. Hasil perancangan ini mengacu pada arahan kreatif yang menekankan pada citra yang futuristic yang divisualisasikan dengan gaya desain modern dan teknologi. Hasil yang diperoleh dalam perancangan ini bahwa PT. Satu Frekuensi Abadi dengan image perusahaan yang dimiliki mendapatkan pembakuan identitas visual dan pengaplikasian secara konsisten ke berbagai media agar mempunyai ciri dan mudah dikenal oleh masyarakat luas.


Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140-147.

Anggarini, A., Bangun, D. A. N., & Saripudin, I. (2020). ALTERNATIF MODEL PENYUSUNAN MOOD BOARD SEBAGAI METODE BERPIKIR KREATIF DALAM PENGEMBANGAN KONSEP VISUAL.

Journal Printing and Packaging Technology, 1(1).

Eliyanti, E., Taufina, T., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar

Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838-849.

Hidayat, W., Mahmuriyah, R., & Safitri, S. N. R. (2016). Media Visual

Berbentuk Katalog Produk Sebagai Media Promosi. Journal Sensi, 2(2), 184-197.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.