ANALISIS KOMPATIBILITAS TINTA DENGAN ADHESIVE DENGAN PENGUJIAN BONDING STRENGHT (STUDI KASUS PT X)


Daniel - Montera, Wiwi Prastiwinarti

Abstract


Industri cetak kemasan saling berkompetisi dalam mewujudkan hasil kemasan yang memenuhi standar. Hal ini diwujudkan suatu industri untuk menjamin produk yang bermutu dan memenuhi keperluan konsumen. Permasalahan yang saat ini ditemui ialah defect produksi. Defect produksi yang ditemukan di perusahaan akibat dari jenis variasi tinta dan adhesive yang sangat bervariatif dalam proses produksi. Dengan bervariasinya jenis tinta dan adhesive berbagai supplier beberapa kemungkinan ditemukannya masalah yang sering muncul dalam proses laminasi kemasan. Sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 sample. 2 dari 6 sample yang diuji pada penelitian ini didapatkan angka bonding strenght sebesar 134,52 pada sample 2 dan 134,52 pada sample 6 yang menunjukan nilai bonding yang memenuhi standar untuk material metalize vmcpp yaitu 80 grams. Sample yang memenuhi standar bonding yang ditetapkan dikarenakan adhesive melekat dengan baik pada material laminasi dan adhesive tidak bereaksi dengan tinta serta metalize vmcpp. Nilai bonding strenght didapatkan tidak memenuhi standar karena sample terjadi ink transfer, metal transfer, dan adhesive yang tidak cocok dengan tinta yang digunakan.


Full Text:

PDF

References


d. R. Putri and w. Handayani, “zero defect pada produksi kantong kraft melalui metode poka yoke di pt. Industri kemasan semen gresik,” mebis, vol. 4, no. 1, pp. 44–58, jul. 2019, doi: 10.33005/mebis.v4i1.52.

a. Adhi and s. A. Susanto, “pengaruh pemilihan tinta terhadap kualitas cetak dalam industri percetakan koran,” p. 8, 2013.

l. Zafriana, “persamaan operasional dalam proses laminasi bahan kemasan,” jti, vol. 12, no. 1, p. 90, mar. 2012, doi: 10.22219/jtiumm.vol12.no1.90-93.

r. Cheruvathur, “the effect of bond strength of flexible laminates on puncture resistance,” p. 130.

w. Sumarni, “sintesis dan karakterisasi edible film kitosan termodifikasi pva dan sorbitol,” p. 6, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.