Perancangan Brosur Media Promosi pada Gedung Creative Center Kota Bekasi


Richa Salsabila Danuputri, Sugeng Indriyanto Indriyanto, Muryeti Muryeti Muryeti

Abstract


G

Gedung Creative Kota Bekasi merupakan gedung tempat/wadah mengeksplorasi dan berkolaborasi sehingga para remaja atau masyarakat sekitar dapat menyalurkan hobi dan bakat mereka. Selain itu, Kehadiran Creative Center Kota Bekasi dapat menumbuhkan ekonomi kreatif yang berfokus pada 17 subsektor ekonomi kreatif bagi kemajuan suatu daerah dan masyarakat Kota Bekasi melalui program prioritas Gubernur Jawa Barat. Sebagai wadah untuk mengeksplorasi akan banyak dikunjungi oleh remaja, komunitas, hingga masyarakat umum sekitar. Akan tetapi kurangnya pemasaran yang dilakukan dari pihak Creative Center Kota Bekasi/Disparbud Kota Bekasi menyebabkan masyarakat kurang mengetahui dan minat dengan keberadaan Creative Center Kota Bekasi dan agenda/event yang diselenggarakan mulai bulan Februari hingga Desember 2022 dikarenakan Gedung Creative Center baru saja disersmikan pada bulan Februari 2022. Perancangan tersebut bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi upaya perancangan desain dengan media utama adalah brosur sebagai media promosi agar dapat memberikan berbagai informasi mengenai Creative Center Kota Bekasi ke jangkauan target audience. Kesan yang ingin disampaikan oleh Dispardub dengan konsep kreatif, smart, dan keren tentunya menggambarkan ciri khas budaya Kota Bekasi/Betawi. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kualitatif dengan melakukan pengumpulan data wawancara, observasi, kuesioner, dan studi literasi. Seletah terkumpul, data-data tersebut dianalisa melalui proses desain thinking, mindmap, moodboard, sketsa, sketsa digital. Hasil akhir penelitian berupa Final Art Work desain brosur, yang akan dibagikan kepada target audience, organisasi perangkat daerah (OPD), sekolah, komunitas, juga masyarakat sekitar. Dan mencantumkan pada link yang disambungkan pada akun Instagram milik @bekasicreativecenter dan media promosi pada desain feed Instagram. Desain pada Final Art Work merupakan desain yang dapat diterima oleh klien (Disparbud) dan taget audeience.


Full Text:

PDF

References


A. Siregar, Bekasi Dreams Dokumentasi Mimpi untuk Bekasi. Bekasi: PT. Kreasi Kata Persada, 2021. [Daring]. Tersedia pada: file:///C:/Users/richa/Downloads/jurnal%20terpilih/BEKASI%20DREAMS.p df

Morissan, Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, 1 ed. Jl. Tamra Raya No.23: Prenada Media Group, 2018.

T. K. Estherlita, “Fakultas Teknologi Dan Informatika Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya,” hlm. 64.

L. Anggraini S. dan K. Nathalia, Desain Komunikasi Visual “Dasar-dasar untuk Panduan Pemula,” Revisi., vol. 1. Bandung: Nuansa Cendekia, 2018.

F. A. Savitri dan D. Setiawan, “Pengembangan Buku Menggambar Ilustrasi,” hlm. 6, 2018.

P. A. Lestari, “Pelatihan Teknik Fotografi Menggunakan Smart Phone Untuk Meningkatkan Nilai Produk Hasil Kerajinan Tangan Di Yayasan Kasih Peduli Anak Kota Denpasar,” J. Lentera Widya, vol. 1, no. 2, hlm. 1–7, Jun 2020, doi: 10.35886/lenterawidya.v1i2.82.

S. Afina, “Disparbud,” Feb 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://repository.upi.edu/70727/

J. Supriyanto, “Resmikan Gedung Creative Center Kota Bekasi, Ridwan Kamil: Kalau Ingin Kreatif di Sinilah Tempatnya,” Trib. Bekasi, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://bekasi.tribunnews.com/2022/02/21/resmikan- gedung-creative-center-kota-bekasi-ridwan-kamil-kalau-ingin-kreatif-di- sinilah-tempatnya

A. Terbit, “BCCP, Pusat Inkubasi Ekonomi Kreatif dan kebangkitan Perekonomian,” Feb 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://www.harianterbit.com/megapolitan/pr-2742714151/bccp-pusat- inkubasi-ekonomi-kreatif-dan-kebangkitan-perekonomian


Refbacks

  • There are currently no refbacks.