Perancangan Media Promosi Coffeeshop Akal-Akalan Kopi sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness


Rifdan Adidan, Sujendro Hery Nugroho, Rachmah Nanda Kartika

Abstract


mulai dari pedesaan hingga kota-kota besar. Pemilik usaha kedai kopi harus memiliki identitas dan media promosi yang menarik agar mampu meningkatkan brand awareness. Akal-Akalan Kopi memiliki relasi yang cukup luas di kalangan para pebisnis kedai kopi di Kota Jakarta. Akal-Akalan Kopi sering mendapat undangan untuk menghadiri event kopi, baik event internal maupun eksternal. Namun, Akal-Akalan Kopi belum memiliki media promosi yang akan digunakan untuk berpartisipasi dalam berbagai event. Dari permasalahan yang ada, Akal-Akalan Kopi memerlukan rancangan desain media promosi untuk meningkatkan brand awareness mereka terutama saat berpartisipasi pada berbagai event. Metode yang digunakan dalam perancangan desain ini adalah kualitatif. Perancangan desain media promosi ini melalui tahap penggalian informasi, tahap kreatif, tahap perbaikan, tahap pelaksanaan dan tahap produksi. Media promosi yang dibuat salah satunya adalah brosur. Media promosi ini memiliki gaya desain yang kompleks dengan warna yang colorful. Pemilihan tone and manner gaya visual ini menyesuaikan dengan identitas visual Akal-Akalan Kopi. Selain menyesuaikan identitas visual, pemilihan gaya desain media promosi ini juga didasarkan dari hasil survei konsumen dan orang yang hadir pada acara kopi. Penelitian ini menghasilkan sebuah desain media promosi yang dapat mereka gunakan untuk membantu usaha mereka dalam meningkatkan brand awareness mereka.
Kata kunci: Desain Media Promosi, Kedai Kopi, Kopi, Event Kopi


Full Text:

PDF

References


Jurnal

Iswandi, H. (2021). Peran dan Pengaruh Tampilan Desain pada Periklanan. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya.

Askaria, A. (2019). Teori Gestalt Dalam Mendesain UI

Pradana, W.S. dan Nova Kristiana (2021). Prinsip Gestalt pada Label Kemasan Air Minum ADES

Perdana, P.H. (2018). Perancangan Media Promosi Waroeng Makan Kalkoen Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Recognition

Aulia Putri, Regina (2019). Perancangan Promosi Produk Cololite Promotion Design Of Cololite Products. Universital Telkom, Desain Komunikasi Visual

Faradilla, Gerinda Agnes Tri (2022). Perancangan Media Promosi Khawin Dekorasi Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness. Universitas Dinamika

Febriyan, Firman (2018). Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Awareness Pada Produk Internasional. Universitas Brawijaya

Buku

Anggarini, Anggi (2019). Layout Desain Publikasi: Eksplorasi Teks dan Gambar. Depok: Penerbit PNJ Press

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi

Putra, R. W. (2021). Pengantar Desain Komunikasi Visual Dalam Penerapan.

Yogyakarta: Penerbit Andi.

Indrayana, A. (2021). Desain Elementer II: Prinsip-prinsip Tata Rupa Desain

Grafis. BP ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

Sitorus, Onny Fitriana dan Novelia Utami (2017). Buku Ajar Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: Penerbit UHAMKA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.