Perancangan Logo Toekang Nasi
Abstract
CV. Century Utama Lestari merupakan usaha yang bergerak dibidang jasaboga atau kuliner, usaha ini merupakan salah satu usaha yang terkena dampak dari pandemi Covid-19. Toekang Nasi merupakan hasil diversifikasi usaha milik CV. Century Utama Lestari sebagai upaya untuk mengatasi penurunan pendapatan sebagai salah satu dampak yang dihadapi oleh usaha tersebut. Namun saat ini brand Toekang Nasi belum memiliki identitas visual sama kali sebagai sebuah tanda pengenal yang dapat diaplikasikan ke dalam media kemasan maupun promosi. Hal ini membuat Toekang nasi sulit dikenali dan dibedakan baik dengan produk CV.Century Utama Lestari maupun dari kompetitor lainnya. Sehingga diperlukan perancangan logo agar brand ini dapat denga mudah dikenal, diingat dan dibedakan baik dengan CV.Century Utama Lestari maupun kompetitor lainya.
Kata kunci: Logo, Desain Grafis, UMKM.
Full Text:
PDFReferences
Sulaeman, “77,95 Persen UMKM Terdampak Pandemi, Terbanyak
Pendapatan Menurun,” 2022, https://www.merdeka.com/uang/7795-persenumkm-terdampak-pandemi-terbanyak-pendapatan-menurun.html.
F. A. Faizal and A. M. Ibrahim, “PERANCANGAN ULANG IDENTITAS
VISUAL RUMAH MAKAN PADANG SABANA KAPAU DI KOTA
BANDUNG,” vol. 03, no. 01, p. 5, 2021.
J. Levanier, “Visual Identity: Everything You Need to Know About the
Essential Aspect of Branding,” 2020, https://99designs.com/blog/logobranding/visualidentity/#:~:text=The%20purpose%20of%20visual%20identity,a%20business%2
through%20consistent%20visuals.
S. Rustan, Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2013.
N. Ulita, “Tinjauan Warna Pada Visual Branding Warung Kopi Lokal,” J.
Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, vol. 4, no. 2, pp. 205–223, Oct. 2019, doi: 10.25105/jdd.v4i2.5895.
C. N. de Riandra and M. A. Islam, “Perancangan Identitas Visual Catering & Bakery Cherry,” Jurnal Barik, vol. 2, no. 2, p. 14, 2021.
Sapitri Januariyansah, “Analisis Desain Logo Berdasarkan Teori: Efektif dan Efisien,” 2017, doi: 10.13140/RG.2.2.20543.97448.
A. Oscario, “Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand,” Humaniora, vol. 4, no. 1, p. 191, Apr. 2013, doi: 10.21512/humaniora.v4i1.3429.
C. Anam, A. Nur Rochman, A. Fauzi, A. Nindyapuspa, and S. Khadafi,
“Perancangan Desain Logo „R3-Viora‟ sebagai Identitas Baru UKM Viora
Collection, Tanggulangin, Sidoarjo,” JAST J. Apl. Sains Dan Teknol., vol. 3,
no. 1, p. 50, Jun. 2019, doi: 10.33366/jast.v3i1.1287.
A. A. Said, “Mendesain Logo,” Program Studi Desain Komun. Fak. Seni Dan Desain Univ. Negeri Makassar, vol. 6, 2019, doi: 10.26858/tanra.v6i3.13014.
G. Prasetyo and B. Muhdaliha, “Perancangan Identitas Visual (Logo)
Untuk Mengangkat Nilai Brand CV Chirapool” PANTAREI, vol.3, no.2, 2019, https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/371.
L. Anggarini S. and N. Kirana, Desain Komunikasi Visual; Dasar-dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: NUANSA CENDIKIA, 2014.
M. A. Hanindharputri, “Elemen Visual Sebagai Pembentuk Kekuatan
Logo,” SENADA, p. 6, 2018.
M. L. Lazuardi and I. Sukoco, “Design Thinking David Kelley & Tim
Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek,” Organum J. Saintifik
Manaj. Dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, Jun. 2019, doi:
35138/organum.v2i1.51.
A. Hendrawan, B. R. Noviadji, and Y. K. Wijaya, “Desain Souvenir
Bergaya Lowpoly „BWS Coy‟ Untuk Mengenalkan Objek Wisata di Kab.
Bondowoso Melalui Metode Design Thinking,” Artika, vol. 2, no. 1, pp. 62–
, Apr. 2018, doi: 10.34148/artika.v2i1.77.
K. F. Hidayati, “Desain Grafis Minimalis: Apa Itu, Prinsip, dan Tips
Menerapkannya”, 2022, https://glints.com/id/lowongan/gaya-desain-grafisminimalis/
Nita, “Pahami Berbagai Prinsip Dalam Desain Minimalis,” 2018,
https://idseducation.com/pahami-berbagai-prinsip-dalam-desain-minimalis/
Refbacks
- There are currently no refbacks.