ASSESSMENT GREENSHIP NEIGHBORHOOD PADA PEMANFAATAN LIMBAH PADAT DI KAMPUS (Studi kasus : Politeknik Negeri Jakarta)


Anggita Leoriza Apogee, Ester Putri Pertiwi, Dyah Nurwidyaningrum, Agung Budi Broto

Abstract


Salah satu jenis bangunan dengan konsep ramah lingkungan yang diterapkan pada bangunan pendidikan yaitu bangunan kampus. Limbah memerlukan pengelolaan yang tepat agar tidak merusak lingkungan di wilayah kampus. Permasalahan tersebut mendorong Green Building Council Indonesia (GBCI) untuk membuat greenship Neighborhood yang menjadi topik pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk menghitung dan menganalisis pencapaian penerapan nilai kategori limbah padat dan material pada kawasan Politeknik Negeri Jakarta berdasarkan Greenship Neighborhood Versi 1.0. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan dinilai dengan berpacu pada Greenship Neighborhood Versi 1.0. Nilai Greenship Neighborhood kategori limbah padat dan material yang diperoleh kawasan Politeknik Negeri Jakarta sebesar 9 poin dari 16 poin maksimal. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan Greenship Neighborhood di dalam kawasan mempunyai nilai yang belum tinggi untuk kategori pengelolaan limbah konstruksi di kawasan kampus. Hasil dari penelitian di kawasan menunjukan persentase sebesar 56,35% untuk kategori parameter pengelolaan limbah padat dan material.
Kata kunci: Greenship Neighborhood, Politeknik Negeri Jakarta, Limbah Padat dan Material

Full Text:

PDF

References


Nasor and Jasmadi, “Partisipasi Civitas Akademika Dalam Pengelolaan Eco-Kampus Dan Pemanfaatan Limbah Organik Tumbuhan Untuk Pembuatan Pupuk Komposdi Lingkungan Kampus Uin Raden Intan Lampung,” 2020.

T. Sofjan, S. Staf, P. Univesitas, B. Lampung, P. S. Arsitektur, and A. Staf, “Perancangan Arsitektur Ramah Lingkungan: Pencapaian Rating Greenship Gbci,” Bandar Lampung, Jun. 2013. [Online]. Available: http://www.gbcindonesia.org.

A. Meysesa, D. Ramdani, T. Bagus, M. Rahmat, A. Zainuddin, and S. Rudali, “Green Kawasan ( kawasan yang Hijau ).”

Suripto, Melatifani, and M. Pratama, “Tinjauan Ruang Terbuka Hijau Di Kampus Politeknik Negeri Jakarta,” 2019.

N. A. Puspadi, M. Wimala, and M. R. Sururi, “Perbandingan Kendala dan Tantangan Penerapan Konsep Green Campus di Itenas dan Unpar,” 2016.

R. Putra Buana, M. Wimala, and R. Evelina, “Pengembangan Indikator Peran Serta Pihak Manajemen Perguruan Tinggi dalam Penerapan Konsep Green Campus,” 2018.

D. Rimantho, Y. Hidayah, A. Herzanita, and A. Sandi, “Solid Waste Management Strategy In Support Green Campus Sustainability: An Ahp Approach,” vol. 18, no. 1, pp. 111–123, 2022.

Green Building Council Indonesia, “Green Building Council Indonesia Green Building Council Indonesia Greenship Rating Tools.”

F. M. Hilmi et al., “Universitas Pertamina Starting Act (UPSTRACT) 3.0 Sebagai Edukasi Pengelolaan dan Pengolahan Limbah Padat,” Surya Abdimas, vol. 5, no. 3, pp. 193–198, Jul. 2021, doi: 10.37729/abdimas.v5i3.1115.

R. Masrida and U. Bhayangkara Jakarta Raya Jl Raya Perjuangan, “Kajian Timbulan Dan Komposisi Sampah Sebagai Dasar Pengelolaan Sampah Di Kampus Ii Universitas Bhayangkara Jakarta Raya,” 2017.

S. Raharjo, M. Zulfan, T. Ihsan, and Y. Ruslinda, “Perencanaan Sistem Reduce, Reuse Dan Recycle Pengelolaan Sampah Di Kampus Universitas Andalas Limau Manis Padang,” Padang, Jul. 2014.

D. Komalasari, “Kajian Pemanfaatan Limbah Abu Kayu Lapis Menjadi Pengganti Sebagian Material Beton,” 2014.

L. Elysia, “Studi Potensi Limbah Padat Industri Menjadi Sustainable Interior Elements Melalui Prinsip Reuse, Recycle, Refunction,” Dimensi Interior, vol. 12, no. 2, Dec. 2014, doi: 10.9744/interior.12.2.91-97.

Z. A’yuni, “Assessment Greenship Neighborhood Versi 1.0 Pada Perumahan Kaliurang Green Garden, Kabupaten Jember Menggunakan Logika Fuzzy,” 2020.

N. M, “Kajian Greenship Kawasan Gbci Versi 1.0 Studi Kasus : Kawasan Scientia Garden,” Yogyakarta, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.