PERBANDINGAN NILAI CBR LAPANGAN HASIL UJI DCP DENGAN NILAI CBR LABORATORIUM (STUDI KASUS PADA PROYEK TOL CINERE – JAGORAWI SEKSI III DAN TOL SERPONG – BALARAJA SEKSI A1)


Nayuni Dianing Arsy, Istiatun Istiatun

Abstract


Pada Uji CBR Tol Cinere - Jagorawi dan Tol Serpong Balaraja untuk Mengetahui nilai perbandingan nilai DCP lapangan dan CBR laboratorium dan mengetahui nilai CBR soaked dan CBR unsoaked dilakukan penelitian menghitung berapa niali CBR lapangan hasil uji DCP dan nilai CBR laboratorium kondisi soakedpengumpulan data dan data-data yang diperlukan sudah cukup untuk diolah dan dianalisis. Hasil yang didapat kan dalam pengujian CBR lapangan hasil uji DCP tol cinere jagorawi 10,715% dan 6,247 % Tol serpong balaraja 9,11 % dan 7,1, Nilai CBR laboratorium kondisi soaked tol cinere jagorawi 4,82% Tol serpong balaraja 0,679%Ratio nilai CBR subgrade soaked dan nilai CBR subgrade unsoaked adalah 4,82 % pada tol cinere – jagorawi dan 0,679 % pada tol serpong - balaraja yang berarti besarnya nilai CBR unsoaked 4,82 dan 0,679 kali nilai CBR soaked.


Kata Kunci :CBR, DCP, Subgrade, Pengujian

Full Text:

PDF

References


K. I. Sari and L. Tambunan, “Studi Perbandingan Uji Pemadatan Standar Dan Uji Pemadatan Modified Terhadap Tanah Dari Jalan Pertahanan–Patumbak Yang Dicampur Kapur,” JOURNAL OF CIVIL ENGINEERING BUILDING AND TRANSPORTATION, vol. 4, no. 1, pp. 22–30, 2020.

S. J. Akbar, “RATIO NILAI SOAKED DAN UNSOAKED CBR SUBGRADE TERHADAP TEBAL PERKERASAN RUNWAY BANDARA MALIKUSSALEH LHOKSEUMAWE,” TERAS JURNAL, vol. 2, no. 4, 2016.

K. Umam, “Analisa nilai CBR soaked dan unsoaked untuk lapisan subgrade pada tanah merah ngeling jepara,” Reviews in Civil Engineering, vol. 5, no. 1, 2021.

A. S. Nursar, I. Iswan, and S. Setyanto, “Komparasi Nilai Daya Dukung Tanah Lempung Ditinjau dari Hasil Uji Skala Penetrasi Konus Dinamis, Uji CBR Laboratorium dan Uji Kuat Tekan Bebas,” Jurnal Rekayasa Sipil Dan Desain, vol. 3, no. 2, pp. 193–204, 2016.

S. Nengsih, L. Liliwarti, and D. Archenita, “Analisa Daya Dukung Sub Grade Jalan Raya Akibat Penambahan Batu Bara (Fly Ash) Studi Kasus Fly Ash PLTU Sijantang Sawahlunto,” Jurnal Rekayasa Sipil Politeknik Negeri Andalas, vol. 11, no. 2, pp. 24–33, 2014.

P. I. L. Lengkong, S. Monintja, O. B. A. Sompie, and J. E. R. Sumampouw, “Hubungan Nilai CBR Laboratorium Dan DCP Pada Tanah Yang Dipadatkan Pada Ruas Jalan Wori–Likupang Kabupaten Minahasa Utara,” Jurnal Sipil Statik, vol. 1, no. 5, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.