PENGELOLAAN ALIRAN AIR DAN PERMUKAAN PADA SISTEM TIMBUNAN BADAN JALAN


Mudrik Nawawi, Putera Agung Maha Agung

Abstract


Jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar merupakan jaringan Jalan Tol yang menjadi solusi dari permasalahan kemacetan di setiap titik lokasi Krian hingga Manyar.masalah yang kerap terjadi pada jalan tol yaitu kondisi tanah yang lunak pada tanah timbunan dan tanah dasar pada badan jalan. Tanah lunak memiliki nilai permeabilitas yang rendah sehingga untuk terkonsolidasi dengan baik. Maka dari itu, perlunya pengelolaan aliran air pada sistem timbunan badan agar mempercepat konsolidasi pada timbunan dan tanah dasar pada badan jalan. Analisis curah hujan dengan intensitas selama 120 hari dan debit aliran sebesar 3,07m3/det menjadi salah satu faktor sulitnya tanah timbunan terkonsolidasi. Sehingga diperlukannya untuk menghitung selisih antara debit aliran air pada pernukaandan debit aliran yang meresap atau rembesan air pada tanah timbunan. Dengan
nilai penurunan tanah akibat konsolidasi sebesar 0,28m, adanya Prevebricated Horiontal Drain (PVD) berdimensi 98 mm, mampu mempercepat proses konsolidasi tanah menjadi 90% dalam 120 hari yang awalnya hanya terkonslidasi sebesar 69,75% dalam jumlah hari yang sama.


Keywords :Prevebricated Drain;Timbunan;Konsolidasi


Full Text:

PDF

References


Sukirman, 1999. “Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan”, Bandung : Nova.

Marian Annisa dan Made Dodik, “Kombinasi Preloading Dan Penggunaan Pre-Fabricated Vertical Drains Untuk Mempercepat Konsolidasi Tanah Lempung Lunak”, Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 12, No.2, 2008.

Irsan Marwanda, 2019. Skripsi. “Perencanaan Ulang Perbakan Tanah Lunak Metode Preloading Kombinasi PVD dan PHD berdsarkan Back Analysis”. Universitas Negeri Jember. Jember.

Campanella, R.G, and VAID, Y.F, 1972. “A Simple triaxiall cell”, Canadian Geotecnichal Journal, Vol. 9, No. 3, pp. 249-260.

Nazakawa, 2000. “Mekanika Tanah Pondasi”, cetakan VII. Pradnya Paramita, Jakarta.

Das, B.M. 1985. “Mekanika Tanah 1 (Prinsip Rekaya Geoteknis)”. Terjemahan oleh noor Endah dan Indrasurya B. Moctar, Erlangga, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.