ANALISA PENURUNAN TANAH GAMBUT BERLEMPUNG MENGGUNAKAN METODE PRELOADING DENGAN PVD DAN MENGGUNAKAN BAHAN LIMBAH POWER PLANT BIOMASSA


Samuel Ronal, Putera Agung Maha Agung

Abstract


Pembangunan dermaga sungai atau pelabuhan TUKS yang berada di atas lahan dengan jenis tanah gambut berlempung. Dermaga ini dibuat untuk operasional bongkar muat material bio-massa untuk Pembangkkit Tenaga Listrik. Dengan memanfaatkan limbah bio-massa yang tersedia sebagai bahan untuk menambah pra-pembebanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penurunan tanah yang terjadi pada dermaga ini. Metode yang digunakan agar terjadi penurunan tanah adalah dengan metode pra-pembebanan dan dikombinasikan dengan penggunaan PVD agar memperingkat waktu penurunan. Hasil dari penelitian ini ditemukan penurunan konsolidasi sebesar 1,4 meter dengan terpenuhinya derajat konsolidasi selama 637 hari.


Kata kunci: Konsolidasi; Pra-pembebanan; PVD


Full Text:

PDF

References


Das, Braja M., Endah Noor & Indrasuryana B. Mochtar. 1988. Mekanika Tanah (Prinsip – prinsip Rekayasa Geoteknis), Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Hardiyatmo, H. C. 2003. Mekanika Tanah II. Jilid III. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Hardiyatmo, H. C. 2002. Mekanika Tanah I. Jilid III. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Badan Standarisasi Nasional., 1992, SNI 03-2812-1992 Metode Pengujian Konsolidasi Tanah Satu Dimensi : Badan Standarisasi Nasional, Bandung.

Mendrofa, Junieli.2015 “Analisis Perbaikan Lapisan Soft Soil dengan Sistem Prefabricated Vertical Drain pada Jalan Tol Medan-Kualanamu dengan Metode Elemen Hingga”. Tesis Magister Universitas Sumatera Utara.

Aldrian, Bani. 2016. Penelitian Penurunan (Settlement) Konsolidasi pada Tanah Lempung DesaPare, Godean, Sleman, Yogyakarta dengan Metode Vertical Drains. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pasaribu Hotlan Togu. 2010.”Analisa Penurunan Pada Tanah Lunak Akibat Timbunan (Studi Kasus RUNWAY Bandara Medan Baru)”. Universitas Sumatera Utara.

Siregar, Juanda Andika.2017 “Analisis Perbaikan Tanah Lunak Akibat Pengaruh Penggunaan PVD dan Geotekstil dengan Menggunakan Metode Analitik dan Metode Elemen Hingga (Studi Kasus Pryek Jalan Bebas Hambatan Medan-Kualanamu KM 35+622,42)”. Skripsi Universitas Sumatera Utara.

Bowles, Joseph E., 1991, Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah). Erlangga : Jakarta.

Lumbangaol, Berman, Panjaitan, S.R.N. (2020), Analisa Preloading Dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD) Terhadap Perbaikan Tanah Lunak Pada Pembangunan jalan Tol Tebing Tinggi – Indrapura.

Hardiyatmo, 1999, sifat-sifat yang dimiliki tanah lempung” ASTM D-653.

Sathanthan dan Indratna, 2006, Penentuan smearzone menggunakan rasio permeabilitas dan kadar air.

Hardiyatmo, Hary Christady., 1992, Mekanika Tanah 1. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kuswanda, Wahyu P., Penerapan Sistem Kontrak Berbasis Kinerja pada Pekerjaan Perbaikan Tanah Lunak, Proceedings Konferensi Regional Teknik Jalan Ke-10 (KRTJ-10), HPJI, Surabaya, 2008.

Terzaghi, Peck, Lambe, Whitman, 1948, Soil Mechanics International Edition 1969.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.