ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN STRUKTUR ATAS PROYEK X


Alya Haura Melani, Afrizal Nursin

Abstract


Perusahaan-perusahaan konstruksi saat ini sedang mencari cara untuk meningkatkan produktivitas pekerja. Manajemen tenaga kerja yang baik dapat mempengaruhi produktivitas dan durasi dari proyek tersebut. Tujuan utama penelitian ini ialah menganalisa produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan struktus atas dan meninjau faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas diantaranya usia, pengalaman kerja, upah, kesehatan pekerja, dan kondisi lapangan. Metode pengumpulan data untuk mengetahui produktivitas tenaga kerja menggunakan data proyek yang dianalisis menggunakan metode output dibagi dengan input. Penelitian ini juga dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada pekerja untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi produktivitas pekerja serta faktor dominan, kemudian data tersebut diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian didapatkan produktivitas pada pekerjaan bekisiting kolom 0,39 m²/jam orang, balok dan pelat lantai 0,33 m²/jam orang. Pada pekerjaan pembesian kolom 8,85 kg/jam orang, balok dan pelat lantai 5,80 kg/jam orang. Pada pekerjaan pengecoran kolom 0,24 m³/jam orang, balok dan pelat lantai 2,48 m³/jam orang. Performa proyek pada pekerjaan kolom kurang dari standar karena memiliki nilai indeks produktivitas <1, sedangkan pada pekerjaan balok dan pelat lantai memiliki performa yang melebihi standar karena nilai indeks produktivitas >1. Hasil penelitian didapatkan faktor dominan yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja struktur atas adalah indikator X3.3 yaitu upah yang diterima tepat waktu dengan nilai koefisien beta sebesar 0,866.
Kata kunci: Indeks; Produktivitas; SPSS; Struktur atas; Tenaga kerja

Full Text:

PDF

References


A. P. Cahyani dan A. Nursin, “Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Dinding Proyek Tamansari Iswara Apartment,” Semin. Nas. Tek. Sipil Politek. Negeri Jakarta, 2019.

K. Basari dan R. Yoga Pradipta, “ANALISA KOEFISIEN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PEKERJAAN PEMBESIAN,” J. Karya Tek. Sipil, vol. 3, no. 4, hal. 830–839, 2014.

K. G. Alicia dan A. Nursin, “Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pekerjaan Dinding Proyek Gedung PPA Kejagung RI,” Semin. Nas. Tek. Sipil Politek. Negeri Jakarta, 2020.

Badan Pusat Statistik, “Banyaknya Tenaga Kerja Ahli Konstruksi,” Badan Pusat Statistik (BPS), 2020. .

A. Firdauzha, “PEKERJAAN ARSITEKTUR PADA PROYEK AEON,” Politeknik Negeri Jakarta, 2017.

S. Harris, B. P. Alam, dan A. N. Wibowo, “Pengaruh Produktivitas Kerja Terhadap Keterlambatan Pelaksanaan Proyek Konstruksi Bangunan,” Tecnoscienza, vol. 2, 2017.

J. B. J. K. Andris dan A. Nursin, “Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pekerjaan Dinding Bata Ringan,” Semin. Nas. Tek. Sipil Politek. Negeri Jakarta, 2020.

I. Soeharto, Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga, 1997.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

S. Wiratna, SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

J. Arifin, SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.

S. Santoso, Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.