STUDI PENANGANAN KEMACETAN PADA SIMPANG KUKUSAN AKIBAT PANJANG ANTRIAN JALAN BUNGUR RAYA, BEJI, DEPOK


Fauzan Aby Sulaiman, Thalla Ridho Perkasa, Achmad Nadjam

Abstract


Simpang bersinyal Kukusan merupakan simpang dengan Jalan K.H.M.Usman, Jalan keluar Tol Cinere – Jagorawi gerbang Tol Kukusan dan Jalan Bungur Raya. Permasalahan pada simpang ini terlihat dari adanya antrian kendaraan yang panjang pada arah menuju Jalan Bungur Raya (Barat) yang menyebabkan tertutupnya jalan terhadap kaki simpang yang lain dan menyebabkan Simpang Kukusan memiliki tingkat pelayanan yang buruk. Tujuan dari Proyek Akhir ini adalah untuk mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan kemacetan yang terjadi pada Simpang Kukusan. Data yang kami gunakan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari volume lalu lintas, sinyal lalu lintas, volume hambatan samping dan geometrik simpang. Sedangkan data sekunder terdiri dari data jumlah penduduk untuk menentukan faktor koreksi ukuran kota. Survei volume lalu lintas dilakukan secara manual selama 2 jam pada jam puncak pagi dan jam puncak sore. Analisis kinerja simpang bersinyal dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). Dari analisis kinerja simpang simpang kukusan didapat tundaan rata – rata sebesar 167,522 detik/smp dengan tingkat pelayanan F. Setelah Solusi dan Alternatif dianalisis didapat solusi terbaik yaitu dengan larangan belok kanan dari Jalan K.H.M Usman (Utara) dan larangan lurus dari keluar Jalan Tol (Timur) dengan tundaan rata – rata 7,886 detik/smp dengan tingkat pelayanan B.

Kata Kunci : Simpang Bersinyal, Kemacetan, Panjang Antrian, Tundaan


Full Text:

PDF

References


. Anonim. (1996). “Analisa Dampak Lalu Lintas”, Direktrorat Jendral Perhubungan Darat.

. Anonim. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum.

. Anonim. (2006). “Peraturan Menteri Perhubunan PM NO 96

tahun 2015 tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan. Jakarta” : Departemen Pekerjaan Umum.

. Radiallah, A. A., & Mayes, R. A. (2019). Analisis Simpang Tugu Gong, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat.

. Rozy, F., Rahmah, A., & Arief, B. (2017). Studi Kasus Jalan Alternatif GOR Pemda – Jalan Alternatif Sentul – Jalan Raya Bogor. 1-12.

. Tamin, O. Z. (1997). Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB.

. Warsiti, Pamungkas, G., & Herdiansyah, M. R. (2016). Analisis kinerja simpang bersinyal pada jalan kaligarang - jalan kelud raya - jalan bendungan raya. Majalah Bangun Rekaprima, 32-39. Retrieved from https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/455

. Wikipedia. (2021, April 3). Kemacetan. Retrieved from https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/455

. Wikipedia. (2021, April 3). Kemacetan. Retrieved from Wikipedia Ensiklopedia Bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Kemacetan

. William R. (2010). Analisis Panjang Antrian Simpang Bersinyal dengan menggunakan Metode MKJI (Studi Kasus Simpang Jalan Affandi Yogyakarta). Yogyakarta (ID): Universitas Atma Jaya Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.