PELAKSANAAN PEKERJAAN STRUKTUR PIER P1–P2 OVERPASS BUKIT INDAH PADA PROYEK JALAN TOL SERPONG CINERE


Fandu Viyata Yudha Marpaung, Yuwono Yuwono

Abstract


Jalan Tol Serpong - Cinere adalah salah satu proyek strategis nasional sektor jalan dari Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2. Pembangunan Jalan Tol Serpong – Cinere tidak jarang mengakibatkan jalan eksisting local atau jalan akses warga terpotong. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut diperlukan pembangunan overpass sebagai pengganti jalan akses warga yang terpotong akibat pembangunaan Jalan Tol Serpong – Cinere ini. Pada proses pelaksanaan pekerjaan pembangunan overpass ini terdapat pekerjaan Pier dan Pier Head. Proyek Akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pekerjaan pier dan pier head serta kebutuhan alat, bahan, dan tenaga kerja pekerjaan pier dan pier head P1 – P2 overpass Bukit Indah pada proyek Jalan Tol Serpong Cinere. Metode penulisan Proyek Akhir ini dilakukan dengan pengumpulan data baik primer dan sekunder serta studi literatur. Tahapan pekerjaan untuk masing-masing pier dan pier head P1 – P2 overpass Bukit Indah pada proyek Jalan Tol Serpong Cinere yaitu pekerjaan penulangaan, bekisting, pengecoran, pembongkaran bekisting, dan curing beton. Dari hasil analisis didapat hasil kebutuhan alat, bahan, pekerja, dan waktu.


Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum, "Permen PU No.11/PRT/M/2013," Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Umum, 2013.

Rochmanhadi, Alat-alat Berat dan Penggunaanya, Jakarta: Badan Penelitian Pekerjaan Umum, 1992.

Badan Standar Nasional, "SNI 7394 2008," Tentang Pekerjaan Beton, 2008.

Departemen Pekerjaan Umum, "RSNI T-03-2005," Standar Nasional Indonesia Pembebanan Untuk Jembatan, 2005.

Departemen Pekerjaan Umum, “SNI T-7394-2008,” Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton untuk Konstruksi Bangunan Gedung dan Perumahan, 2008.

Departemen Pekerjaan Umum, “Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 05/SE/M/2019,” Panduan Teknik Pelaksanaan Jembatan, 2019.

Suyono Sasrodarsono, Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan, Badan Litbang Departemen Pekerjaan Umum., 1987.

Departemen Pekerjaan Umum, “Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan,” AHSP 2013, 2013.

F. T. U. Winingsih and Y. , "Pelaksanaan Pekerjaan Struktur BP09 (Bogor Pier) Pada Proyek Double-Double Track," Seminar Nasional Teknik Sipil Politeknik Negeri JakartA, pp. 698-702, 2019.

J. Andreas, R. W. Herawati and Y. , "Pelaksanaan Pekerjaan Struktur P.08 Pada Proyek Simpang Susun Sentul Selatan," Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta, pp. 105-111, 2020.

M. Trinatarina dan S. Aziani, “Perencanaan Flyover Perlintasan Jalan Raya dan Jalan Rel di Bedan Pekalongan,” 2009.

Asiyanto, Metode Konstruksi Jembatan Beton, Bekasi: UIP, 2008.

S. A. Agus, Perancangan Struktur Beton Bertulang, Jakarta Pusat: Erlangga, 2016.

I. Dipohusodo, Struktur Beton Bertulang, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1994.

W. I. Ervianto, Eksplorasi Teknologi dalam Proyek Konstruksi., Yogyakarta: CV. Andi Offset., 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.