PERENCANAAN DIMENSI DRAINASE PERUMAHAN GRAND RISCON DARMAGA, BOGOR, JAWA BARAT


Ilham Rafid Andito, Muhammad Atqo Atmaja, Desi Supriyan

Abstract


Perumahan Grand Riscon Darmaga Kabupaten Bogor merupakan perumahan yang berada di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Luas perumahan ini ±14 Ha. Perumahan ini merupakan daerah yang dekat dengan sungai. Keadaan ini menyebabkan perumahan tersebut akan terpengaruh bila terjadi air meluap atau kapasitas air melebihi kapasitas aliran sungai. Perencanaan ini dilakukan untuk mencari dimensi drainase yang sesuai pada Perumahan Grand Riscon Darmaga. Metode pengolahan data menggunakan perhitungan secara manual sesuai dengan metode rasional untuk menghitung debit hujan, dan rumus manning untuk perhitungan debit saluran. Dari debit saluran, akan didapatkan dimensi saluran. Dari hasil perencanaan, didapatkan 3 tipe dimensi saluran, untuk saluran tersier dengan dimensi terbesar digunakan b = 0,3 m dan h = 0,5 m, untuk saluran sekunder dengan dimensi terbesar digunakan b = 0,8 m , h = 1,0 m, serta untuk saluran primer dengan dimensi terbesar digunakan b = 1,2 m , h = 1,6 m. Untuk dimensi terbesar gorong-gorong terletak pada saluran primer dengan diameter 1,5 m.


Full Text:

PDF

References


Abdeldayem. Drainase Perkotaan. Yogyakarta: Gramedia Pustaka Umum, 2005.

Anggrahini, S. Perencanaan Jaringan Drainase Perumahan Griya Menang Asri di Kecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat. Mataram: Universitas Mataram, 2017.

Dewi A. K., dkk. Evaluasi Sistem Saluran Drainase di Ruas Jalan Solo Sragen Kabupaten Karanganyar. Solo: Universitas Sebelas Maret, 2014.

Direktorat Jendral Bina Marga. Petunjuk Desain Drainase Permukaan Jalan. Jakarta: Direktorat Jendra Bina Marga, 1990.

Kartika N. K. S., dkk. Evaluasi Fungsi Saluran Drainase Terhadap Kondisi Jalan Gunung Rinjani di Wilayah Kecamatan Denpasar Barat. Bali: Jurnal Lingkungan & Pembangunan, 2018.

Kisman. Prencanaan Teknis Drainase Kawasan Kasang Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Padang: Universitas Andalas, 2013.

Menteri Pekerjaan Umum. Pembagian Wilayah Sungai. Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum, 1989.

Menteri Pekerjaan Umum. Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan. Jakarta: Menteri Pekerjaan Umum, 2014.

Pajriani, P. Perencanaan Jaringan Drainse Perumahan Griya Pesona Madani di Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur. Lombok: Universitas Mataram, 2018.

Soemarto C.D. Hidrologi Teknik. Jakarta: Erlangga, 1999.

Soewarno. Jilid I Hidrologi Operasional. Bandung: PT. Citra Aditya, 2000.

Suripin. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Andi, 2004.

Umum, D. P., Pedoman Perencanaan Sistem Drainase Jalan. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum, 2016.

Ulfiana D., dkk. Penataan Drainase DTA Waduk Diponegoro (RW 2 Kelurahan Tembalang). Semarang: Universitas Diponegoro, 2020.

Wesli. Drainase Perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.