KAJIAN TERHADAP SISTEM DRAINASE DALAM PENANGGULANGAN BANJIR DI WILAYAH JATIPADANG, PASAR MINGGU, JAKARTA SELATAN


Stefanus Stefanus, Yessy Muhammad Dhiah, Desi Supriyan

Abstract


Wilayah Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan merupakan wilayah yang sering terjadi banjir. Banjir di wilayah ini terjadi akibat curah hujan yang tinggi serta sistem drainase yang kurang menampung debit air yang mengalir dari hulu sungai hingga wilayah Jatipadang. Tujuan dilakukan kajian ini yakni mengetahui kemampuan drainase dalam menampung debit yang mengalir pada lokasi tersebut. Dari hasil kajian terhadap sistem drainase wilayah Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, didapat kondisi drainase kurang baik yang terlihat dari banyaknya sampah yang ada pada saluran drainase. Selain itu didapatkan besaran debit banjir maksimum pada setiap saluran drainase berkisar antara 0,1 – 0,7 m3/det dengan kemampuan debit eksisting hanya berkisar antara 0,05 – 0,1 m3/det, sehingga dikatakan bahwa seluruh saluran dari 9 drainase di lokasi tidak dapat menampung debit banjir, sebab itu perlu dilakukan redesain dimensi saluran, pembuatan tanggul, dan pemasangan pompa.


Full Text:

PDF

References


Akhir, O., Sulistiono, B. Tanpa Tahun. Evaluasi Sistem Saluran Drainase Perkotaan pada Kawasan Jalan Laksda Adisucipto Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Pengairan. 1986. Standar Kriteria Perencanaan Irigasi KP 03. Cetakan Ketiga. Bandung : CV Galang Persada.

Departemen Pekerjaan Umum Dirjen Cipta Karya. 2012. Tata Cara Penyusunan Rencana Induk Sistem Drainase Perkotaan. Jakarta.

Dewi, A.K., dkk. 2014. Evaluasi Sistem Saluran Drainase di Ruas Jalan Solo Sragen Kabupaten Karanganyar. E-Jurnal Matriks Teknik Sipil, Vol. 2, No.1.

Fairizi, Dimitri. 2015. Analisis dan Evaluasi Saluran Drainase pada Kawasan Perumnas Talang Kelapa di Subdas Lambidaro Kota Palembang. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan. Vol. 3, No.1.

Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat. 2018. Analisis Hidrologi dan Sedimen.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Berapa Banyak Kandungan Air di Bumi?. Dikutip dari http:lppm.ipb.ac.id. [diakses pada 10 Juni 2021].

Nailufar, N.N. . Tahapan Siklus Hidrologi. Tersedia di www.kompas.com [diakses pada 11 Juni 2021].

Rahayu, Lisye Sri. Jatipadang hingga Pejaten Banjir, Ketinggian Air 1,5 Meter. Tersedia dari http://news.detik.com. [diakses pada tanggal 26 Maret 2021].

Sadewa, T., Sutoyo. 2018. Kajian Sistem Drainase di Daerah Jalan Pemuda, Kota Bogor. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan. Vol.03, No.03.

Soemarto, C.D. 1987. Hidrologi Teknik. Surabaya : Usaha Nasional.

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta : Andi.

Terra. Macam-Macam Drainase dan Fungsinya. Tersedia dari terraconblock.com. [diakses pada 15 Maret 2021].

Triatmodjo, Bambang. 2008. Hidrologi Terapan. Yogyakarta : Beta Offset.

Upomo, T.C., Kusumawardani, R. 2016. Pemilihan Distribusi Probabilitas pada Analisa Hujan dengan Metode Goodness of Fit Test. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan. 2(18):139-148.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.