PEMANFAATAN SERAT SABUT KELAPA SEBAGAI BAHAN TAMBAH COCONUT FIBER CONCRETE (CFC) UNTUK MENINGKATKAN KUAT TEKAN DAN TARIK BELAH


Rivaldo Akbar Syafwan, Gati Annisa Hayu

Abstract


Penelitian ini menganalisis pengaruh penambahan serat sabut kelapa sebagai bahan tambah pada campuran beton dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik beton dan dampak penggunaan bahan tambah tersebut terhadap kuat tekan dan tarik belah beton. Proporsi penggunaan serat sabut kelapa yang digunakan sebagai bahan tambah sebesar 0%, 0,2%, dan 0,5% dari berat keseluruhan material penyusun beton. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini meliputi pemeriksaan slump, massa jenis beton, uji kuat tekan dan tarik belah beton. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setiap penambahan proporsi serat akan membuat penurunan slump. Hal yang sama juga terjadi pada massa jenis. Semakin banyak proporsi serat yang digunakan maka akan membuat penurunan massa jenis. Hasil dari uji kuat tekan pada usia 28 hari menghasilkan nilai kuat tekan optimum pada sampel beton serat 0,2% dengan kuat tekan sebesar 16,494 MPa atau naik 1,619% dari beton normal. Pada pengujian kuat tarik belah beton usia 28 hari menghasilkan kuat tarik belah beton optimum pada sampel beton serat 0,2% dengan kuat tarik belah sebesar 1,338 MPa. Persentase kekuatan tarik belah beton serat terhadap kuat tekannya adalah sekitar 8%.


Kata kunci: Kuat Tarik Belah; Kuat Tekan; Massa Jenis; Serat Sabut Kelapa; Slump.


Full Text:

PDF

References


D. Rahmatullah, “Karakteristik Beton Ringan Struktural Dengan Biji Plastik dan Batu Skoria,” Universitas Jember, Jember, 2017.

M. Rizqi, H. Suyoso, dan G. A. Hayu, “The Effect of Addition of Banana Tree Bark for Compressive Strength and Crack tensile Strength of Rice Husk Ash Concrete,” Matec Web Conference, 195, 2018.

Sahrudin, dan Nadia, “Pengaruh Penambahan Serat Sabut Kelapa Terhadap Kuat Tekan Beton,” Universitas Muhammadiyah Jakarta, Jakarta, 2016.

Databoks, “Indonesia Negara Produsen Kelapa Terbesar di Dunia,” 2017.

ACI Committee 211. Standard Practice for Selecting Proportions for Normal, Heavywight, And Mass Concrete.

R. A. Sudisman, W. Hidayat, dan G. A. Hayu, Modul Praktikum rekayasa dan teknologi bahan konstruksi sipil, Jakarta, 2019.

SNI 03-1974-2011. Metode Pengujian Kuat Tekan Beton.

SNI 03-2491-2002. Metode Pengujian Kuat Tarik Belah Beton.

Y. Risdianto, G. Rivaldo, “Pengaruh Penambahan Serat Sabut Kelapa (Cococnut Fiber) Terhadap Kuat Tekan, Kuat Tarik Belah dan Kuat Lentur Pada Beton,” Surabaya, 2019.

Ardhiansyah, M.D., “Pengaruh Pemanfaatan Sabut Kelapa Sebagai Material Serat Terhadap Kuat Tekan dan Daya Serap Beton,” Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.