PERKUATAN MODEL KOLOM BETON DENGAN MENGGUNAKAN CARBON FIBER REINFORCED POLYMER


Indira Putri, Jihan Putri, Andi Indianto

Abstract


Kekuatan aksial kolom ditentukan oleh mutu material dan momen inersia. Jika beban bertambah besar maka diperlukan mutu dan/atau momen inersia yang besar juga. Apabila beban yang bekerja lebih besar di sisi lain mutu material tidak bisa diubah dan dimensi tidak bisa diubah maka untuk mengimbangi kenaikan beban diperlukan kekuatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perkuatan kolom beton bertulang dengan menggunakan CFRP. Beton yang digunakan bukan termasuk beton struktural serta tidak meninjau pengaruh kelangsingan kolom. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimental laboratorium dengan cara uji aksial pada kolom. Beban-beban yang diberikan bertahap per 25 kg, sampai batas beban yang terdapat pada mesin uji. Tulangan yang digunakan yaitu tulangan polos dengan tulangan utama berdiameter 6 mm dan tulangan sengkang berdiameter 4 mm. Bahan perkuatan yang diberikan yaitu SikaWrap 231C. Dari hasil pengujian, didapatkan persentase rata-rata kenaikan beban yang mampu diterima kolom sebesar 463% dengan mutu beton 6,643 MPa, 256% dengan mutu beton 6,851 MPa, 63% dengan mutu beton 7,926 MPa, dan 32% dengan mutu beton 8,474 MPa. Didapat pula kesimpulan bahwa semakin rendah mutu beton, maka semakin tinggi persentase kenaikan kapasitas beban.
Kata kunci : CFRP; Kolom; Perkuatan

Full Text:

PDF

References


S. U. Ruslan and M. G. R., "Kapasitas Penggunaan Carbon Fiber Reinforced Polymer (CFRP) Berlapis Banyak Terhadap Perkuatan Lentur Struktur Balok Bertulang," Industrial Research Workshop and National Seminar Vol. 5, 2014.

D. L. Schodek, STRUKTUR, Bandung: PT. ERESCO, 1991.

B. Budiono, "Kolom Langsing Beton Mutu Tinggi Terkekang terhadap Beban Aksial Tekan Eksentris," Jurnal Teknik Sipil Vol. 10, pp. 145-153, 2005.

J. G. Macgregor, Reinforced Concrete Mechanics and Design, PRENTICE-HALL International, Inc., 1996.

Y. Setiawan, E. Yanuarini, N. Martina, M. F. R. Hasan, and R. Rinawati, “Improving The Performance of Asphalt Concrete Mixtures With Polymer Asphalt in Submerged Floods”, ARCEE, vol. 2, no. 02, pp. 62–69, Feb. 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.