PELAKSANAAN PEKERJAAN STRUKTUR LANTAI 10 TOWER A PROYEK NINES PLAZA & RESIDENCE


Dinny Tania Agustina, Miqdad Al Ghiffary, Denny Yatmadi, Mursid Mufti Ahmad

Abstract


Pelaksanaan pekerjaan struktur lantai 10 Tower A Proyek Nines Plaza & Residence menggunakan zona kerja untuk memudahkan pengendalian dan pengawasan. Bekisting yang digunakan adalah bekisting semi sistem PCH (Perth Construction Hire) pada pekerjaan kolom, balok, dan pelat. Pelaksanaan pekerjaan struktur terdiri dari pekerjaan pengukuran, pembesian, bekisting, pengecoran, dan pembongkaran. Proyek akhir ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan alat dan tenaga kerja yang dibutuhkan, menyusun jadwal pelaksanaan, serta metode pelaksanaan pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan ialah mengolah data yang didapat dari wawancara, kunjungan lapangan serta studi kepustakaan untuk mencapai tujuan proyek akhir ini. Hasil akhir menyimpulkan bahwa berdasarkan analisis kebutuhan alat dan tenaga kerja yang dibutuhkan dapat dihasilkan jadwal pelaksanaan pekerjaan struktur lantai 10 sesuai dengan rencana dan metode pekerjaan yang digunakan. Pelaksanaan pekerjaan pembesian terdiri dari persiapan, pabrikasi hingga pemasangan. Pelaksanaan pekerjaan bekisting terdiri dari persiapan, pabrikasi, pemasangan dan pembongkaran. Pelaksanaan pekerjaan pengecoran terdiri dari persiapan, pengecoran dan perawatan.
Kata kunci: Pembesian; Bekisting; Pengecoran; Jadwal; PCH (Perth Construction Hire).

Full Text:

PDF

References


PT. PP (Persero), Buku Referensi Untuk Kontraktor Bangunan Gedung dan Sipil, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Badan Standardisasi Nasional, SNI 03-1727-1989 Pedoman Perencanaan Pembebanan untuk Rumah dan Gedung, Jakarta: Dewan Standardisasi Nasional, 1989.

N. S. Triastuti and I. Indriasari, “The Role of Reviewing Building Structures to Fulfill Requirements for Stiffness, Stability and Strength of Building Structuteres”, ARCEE,vol. 2, no. 01, pp. 1-16, 2020.

Badan Standardisasi Nasional, SNI 7394-2008 Tata Cara Pehitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton untuk Konstruksi Bangunan Gedung dan Perumahan, Jakarta: Dewan Standardisasi Nasional, 2008.

ACI Committee 347, Guide to Formwork for Concrete, USA: American Concrete Institute, 2001.

Departemen Pekerjaan Umum, SKSNI T-15-1991-03 Tata Cara Perhitungan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung, Bandung: Yayasan LPMB, 1991.

L. R. Peurifoy and D. G. Oberlender, Formwork for Concrete Structures, New York: McGraw-Hill, 2010.

M. I. Ir. Asiyanto, Formwork for Concrete, Jakarta: UI Press, 2010.

Blogger, "Pekerjaan Pengukur Lapangan (Levelling)," 10 November 2017. [Online]. Available: https://desainermenarik.blogspot.com/2017/11/pekerjaan-pengukur-lapanganleveling.html.

Badan Standardisasi Nasional, Baja Tulangan Beton, Jakarta, 2014.

Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Ciptakarya, Direktorat Penyelidikan Masalah Bangunan, Peraturan Konstruksi Kayu Indonesia NI 5 PKKI 1961, Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Ciptakarya, Direktorat Penyelidikan Masalah Bangunan, 1961.

R. A. Rahmawati and R. A. Murdiyoto, “Assessment On Transit Oriented Development Pondok Cina According to GBCI”, ARCEE, vol. 2, no. 02, pp. 70–76, Feb. 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.