PELAKSANAAN PEKERJAAN RETAINING WALL A1 PROYEK SIMPANG SUSUN SENTUL SELATAN


Farel Anggada Putra, Widya Dwi Maharani, Sutikno Sutikno

Abstract


Pada pintu tol Jagorawi khususnya pintu keluar tol Sentul Selatan sering terjadi kemacetan. Oleh karena itu dibangun Simpang Susun yang menghubungkan tol Jagorawi menuju tol arah Parung-Bogor agar kendaraan tidak perlu melalui pintu tol Sentul Selatan sehingga kemacetan pada titik tersebut dapat dikurangi. Pelaksanaan pekerjaan retaining wall A1 pada proyek simpang susun selatan dengan dimensi tipe A lebar 1,9 m tinggi bervariasi serta dimensi tipe B lebar 1,5 m tinggi bervariasi. Panjang total retaining wall A1 bagian kanan adalah 75,443 m dan bagian kiri 74,174 m. Pekerjaan retaining wall pada proyek ini meliputi pekerjaan persiapan,pekerjaan galian, pekerjaan pembesian, pekerjaan bekisting,dan pekerjaan pengecoran. Proyek Akhir ini menganalisis produktivitas alat, tenaga kerja, kebutuhan bahan, serta kekuatan bekisting yang dianalisis berdasarkan SNI dan pengamatan langsung di lapangan. Dari proyek akhir ini, dapat diketahui tahapan pekerjaan serta kuantitas kebutuhan tenaga kerja, alat dan bahan dalam pelaksanaan pekerjaan retaining wall. Metodologi penulisan proyek akhir ini menggunakan pengambilan data selama praktik kerja lapangan dan wawancara bersama pihak proyek. Pelaksanaan pekerjaan retaining wall ini dilaksanakan selama 20 hari kalender.
Kata Kunci : Bekisting ; Galian ; Pembesian ; Pengecoran ; Retaining Wall

Full Text:

PDF

References


Abi Gazal, Mochamad, 2014, Rancang Bangun Alat Bantu Penekuk Begel Cincin Segiempat Untuk Konstruksi Beton (Biaya Produksi), Politeknik Negeri Sriwijaya: Palembang.

Bennet Silalahi, 1994, Perencanaan Pembinaan Tenaga Kerja, PT. Pustaka Binwan, Pressindo, Jakarta.

Hardiyatmo, Hari Christady, 2014, Analisis Dan Perancangan Fondasi I, Universitas Gajah Mada: Yogyakarta.

PT. PP (persero) Tbk. 2003. Buku Referensi untuk Kontraktor Bangunan Gedung dan Sipil, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.

Putri Kusumaningtyas, Indah, 2014, Kajian Beton Ringan Dengan Menggunakan Serbuk Kayu Sebagai Pengganti Agregat Halus (Timber Crete), Politeknik Negeri Sriwijaya: Palembang.

Rochmanhadi, Ir. 1986. Alat-Alat Berat dan Penggunaannya, Jakarta, Badan Peneliti Pekerjaan Umum

RSNI T-7394-2008. Standar Nasional Indonesia Tata Cara Perhitungan Harga.

Rahmawati, R. A., & Murdiyoto, R. A. (2021). Assessment On Transit Oriented Development Pondok Cina According to GBCI. Applied Research on Civil Engineering and Environment (ARCEE), 2(02), 70–76.

Sritomo Wignjosoebroto, 1995, Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu, edisi Pertama, Guna Widya, Jakarta

Surya Pratama, Hario dkk, 2017, Analisa Perbandingan Penggunaan Bekisting Konvensional, Semi Sistem, Dan Sistem (Peri) Pada Kolom Gedung Bertingkat, Universitas Diponegoro: Semarang.

Tanjung, Amalia dan Afrisa, Yesi, 2016, Perencanaan Dinding Penahan Tanah Tipe Penyanggah Pada Tebing Sungai Lematang Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, Politeknik Negeri Sriwijaya: Palemban.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.