PELAKSANAAN PEKERJAAN STRUKTUR LANTAI 2 PROYEK LOGOS METROLINK LOGISTIC HUB


Alfiyanti Alfiyanti, Nurul Ismi, Eka Sasmita Mulya

Abstract


Logos Metrolink Logistic Hub merupakan salah satu proyek pembangunan gedung bertingkat yang dibangun dengan menggunakan struktur berbahan beton bertulang. Pelaksanaan pekerjaan struktur beton bertulang warehouse 3 pada lantai 2 proyek Logos Metrolink Logistic Hub menggunakan semi sistem pada pekerjaan kolom, balok, dan pelat lantai. Proyek akhir ini bertujuan untuk menganalisis proses pelaksanaan struktur beton bertulang (metode kerja), kebutuhan bahan material, alat, dan tenaga kerja yang dibutuhkan. Metode penelitian yang digunakan ialah pengolahan data yang didapat dari narasumber proyek, kunjungan lapangan, serta studi kepustakaan untuk mencapai tugas proyek akhir ini. Hasil akhir menyimpulkan bahwa pekerjaan sruktur beton bertulang warehouse 3 pada lantai 2 proyek Logos Metrolink Logistic Hub ini dapat diselesaikan dalam durasi 30 hari dibuat 4 zona dengan jumlah kolom 56 buah. Pelaksanaan struktur beton bertulang yang dimaksud dalam tulisan ini adalah pelaksanaan pekerjaan beton bertulang mulai dari pekerjaan pemasangan tulangan besi (pembesian), pekerjaan pemasangan bekisting, pekerjaan pengecoran sampai dengan pekerjaan perawatan hasil pengecoran. Pelaksanaan pekerjaan pembesian terdiri dari persiapan, pabrikasi hingga pemasangan. Pelaksanaan pekerjaan bekisting terdiri dari persiapan, pabrikasi, pemasangan dan pembongkaran. Pelaksanaan pekerjaan pengecoran terdiri dari persiapan, pengecoran dan perawata. Hasil analisis kekuatan bekisting dinyatakan kuat dan mampu menahan beban yang direncanakan.
Kata kunci: Bekisting; Metode kerja; Pembesian; Pengecoran; Produktifitas

Full Text:

PDF

References


Schueller, W, 1989. Struktur Bangunan Bertingkat. Jakarta: Rafika Sunggono, V. 1984. Buku Teknik Sipil. Jakarta : Nova.

Panitia Pembaharuan. 1971. Peraturan Beton Bertulang Indonesia 1971. Bandung: Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik. PP. 2003.

SKSNI-T3-1991 Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung. Jakarta : Dewan Standarisasi Indonesia.

ACI Committe 347. 2001. Guide to Formwork for Concrete. USA : American Concrete Institute.

SNI 03-1729-2002 Tata Cara Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung. Jakarta : Dewan Standarisasi Indonesia.

SNI 7394 : 2008 Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton Untuk Konstruksi Bangunan Gedung dan Perumahan. Jakarta : Dewan Standarisasi Indonesia.

Asiyanto. 2010. Formwork For Concrete. Jakarta: UI Press.

Badan Standarisai Nasional. SNI 2847 : 2013 Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung. Jakarta : Dewan Standarisasi Indonesia.

PT. CNQC – MTRA JO. 2019. Standar Detail Proyek Logos Metrolink Logistik- Hub. Bekasi, Jawa Barat.

Buku Referensi untuk Kontraktor Bangunan Gedung dan Sipil. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.