PELAKSANAAN PEKERJAAN BETON BERTULANG LANTAI 24 MENARA BRI GATOT SUBROTO


Asta Panji Semita, Savira Rahma Julita, Suripto Suripto

Abstract


Pelaksanaan pekerjaan struktur beton bertulang pada Proyek Menara BRI Gatot Subroto menggunakan metode bekisting alumunium formwork. Pelaksanaan pekerjaan struktur terdiri dari pekerjaan pembesian, bekisting, dan pengecoran pada pekerjaan struktur kolom, balok, dan pelat lantai. Pada proyek akhir ini, penulis bertujuan untuk menjelaskan proses pelaksanaan pekerjaan struktur beton bertulang, menganalisis kekuatan bekisting alumunium formwork  untuk kolom, balok, dan pelat lantai serta menganalisa kebutuhan bahan, kebutuhan alat, dan tenaga kerja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pekerjaan. Penulis melakukan wawancara, kunjungan lapangan dan studi kepustakaan untuk mendapatkan data. Kesimpulan dari proyek akhir ini adalah metode pelaksanaan pekerjaan pembesian dan bekisting yang terdiri dari persiapan, fabrikasi dan pemasangan. Metode pelaksanaan pekerjaan pengecoran yang terdiri dari pekerjaan persiapan, pengecoran, dan perawatan. Mendapatkan dimensi dan jarak yang lebih efisien dan efektif untuk bahan bekisting kolom, balok dan pelat lantai yang tidak melebihi tegangan dan lendutan yang diizinkan.

Kata Kunci : Bekisting ; Pembesian ; Pengecoran


Full Text:

PDF

References


Asta Panji Semita and Savira Rahma Julita, Laporan Praktik Kerja Lapangan Proyek Menara BRI Gatot Subroto. Jakarta, 2019.

Pratikto. Dasar Beton Bertulang. 2019.

, A. C. Guide to Formwork for Concrete. USA: American Concrete Institute. USA, 2001.

Nasional, B. S. SNI 2052:2017 Baja Tulangan Beton. Dewan Standarisasi Nasional Indonesia. Jakarta, 2017.

Nasional, B. S. SNI 2847:2013 Persyaratan Beton Struktur Untuk Bangunan Gedung. Dewan Standarisasi Indonesia. Jakarta, 2013.

Nasional, B. S. SNI 7394:2008 Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan beton unutk kontruksi bangunan gedung dan perumahan. Dewan Standarisasi Indonesia. Jakarta, 2008.

Pembaharuan, P. Peraturan Beton Bertulang Indonesia 1971. Departement Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik. Bandung, 1971.

PP. Buku Referensi untuk Kontraktor Bangunan Gedung dan Sipil. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta, 2003.

Sunggono, V. Buku Teknik Sipil Indonesia. Nova. Jakarta, 1984.

Yoon, S.M. Structural Calculation Report. Korea, 2014.

Ir. Rudy Gunawan, dan Ir. Morisco. Tabel Profil Konstruksi Baja. Kanisius. Yogyakarta, 1984.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.