ANALISIS PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEKERJAAN LANTAI PROYEK SOUTHSIDE APARTEMEN DEPOK


Nisrina Mutiara Dewi, Sidiq Wacono

Abstract


Pada pelaksanaan Proyek Southside Apartemen Depok belum terdapat data faktual mengenai produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan balok dan pelat lantai. Sedangkan, produktivitas tenaga kerja merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah proyek pembangunan dalam industri konstruksi. Penulisan proyek akhir ini dilakukan untuk mengetahui indeks produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan balok dan pelat lantai yang meliputi pekerjaan pemasangan acuan bekisting, pembesian, dan pengecoran. Produktivitas didapatkan dengan melakukan pengamatan lapangan pada jam kerja normal selama 14 hari kerja. Hasil yang diperoleh adalah volume pekerjaan per hari, kemudian dianalisis hingga diketahui indeks produktivitas tenaga kerja dengan membandingkan produksi aktual dengan produksi rencana Peraturan Menteri PUPR serta kinerja proyek terhadap waktu. Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan bahwa indeks produktivitas seluruh pekerjaan balok dan pelat lantai di proyek Southside Apartemen Depok dikatakan baik, karena indeks produktivitasnya dikategorikan lebih dari satu (>1). Sedangkan, kinerja waktu aktual yang didapat untuk seluruh pekerjaan balok dan pelat lantai lebih cepat dari kinerja waktu berdasarkan Permen PUPR. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja balok dan pelat lantai adalah kondisi fisik lapangan dan sarana bantu, kerja lembur, ukuran besar proyek, kurva pengalaman, dan kepadatan tenaga kerja.


Kata kunci: Produktivitas Tenaga Kerja, Indeks Produktivitas, Balok, Pelat Lantai, Kinerja Proyek.


Full Text:

PDF

References


Aprilian, Tomas. 2010. Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Struktur Rangka Atap Baja (Studi Kasus Proyek Pembangunan Rumah Sakit Dr. Moewardi, Surakarta Jawa Tengah). Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret: Surakarta.

Bunga, Putri. 2018. Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pekerjaan Lantai Pada Proyek Female Apartment Margonda. Tugas Akhir. Tidak diterbitkan. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta: Jakarta.

Darmayanti, Elmira Febri. 2016. Analisis Produktivitas Kerja Karyawan Dikaitkan Dengan Time Management. Akuisisi-Vol 12 No. 2 November 2016.

Djojowirono, Soegeng, 1991. Manajemen konstruksi 1. Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.

Ervianto, Wulfram I. 2008. Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Andi Publishing.

Ervianto, Wulfram I. 2008. Pengukuran Produktivitas Kelompok Pekerja Bangunan Dalam Proyek Konstruksi (Studi Kasus Proyek Gedung Bertingkat Di Surakarta). Program Studi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta: Yogyakarta.Fachreza,

Fachreza, Achmad Naufal. 2017. Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Konstruksi di Kabupaten/ Kota.Provinsi Jawa.Timur Tahun 2011-2015. Jawa Timur.

Husen, Abrar. 2011. Manajemen Proyek Perencanaan, Penjadwalan, dan Pengendalian Proyek (Edisi Revisi). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kodri, Irfa., Heni Fitriani, dan Ika Juliantina. 2018. Analisis Pengaruh Pelatihan dan Sertifikasi terhadap Produktivitas Pekerja. Jurusan Teknik Sipil Universitas Sriwijaya: Palembang.

Maerast, Aidya F. 2017. Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Pekerjaan Arsitektur Pada Proyek Aeon Mall Cakung. Proyek Akhir. Tidak diterbitkan. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta: Jakarta.

Menteri PUPR. 2019. Kementerian Pupr Siapkan Solusi Atasi Ketersediaan Rantai Pasok Konstruksi. https://pu.go.id/berita/view/16611/kementerian-pupr-siapkan-solusi-atasi-ketersediaan-rantai-pasok-konstruksi. Diakses pada tanggal 12 Februari 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.