PENGARUH MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PRODUKTIVITAS PROYEK PEMBANGUNAN APARTEMEN X


Anggi Savela Nurta Maharani, I Ketut Sucita

Abstract


Kemajuan pembangunan konstruksi berupa hunian, perkantoran dan infrastruktur sedang berkembang pesat, perkembangan itu didorong pula dengan pengembangan mesin dan alat-alat untuk memudahkan pekerjaan konstruksi. Dan dalam setiap pekerjaan konstruksi pasti memiliki risiko bahaya yang ditimbulkan oleh penggunaan alat, mesin, bahan hingga cara bekerja yang dapat menimbulkan kecelakaan kerja dan jika terjadi dapat mengakibatkan pekerjaan konstruksi tertunda sesuai dengan sanksi pada UU No. 2 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah penerapan K3 berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja, dan seberapa besar pengaruhnya terhadap produktivitas. Populasi pada penelitian ini adalah tenaga kerja finishing Proyek Pembangunan Apartemen X di Jakarta Pusat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner yang pertanyaannya berasal dari PP No. 50 Tahun 2012, dan metode observasi. Analisa data yang digunakan menggunakan regresi linier sederhana, uji F dan uji t menggunakan software SPSS 25. Hasil uji regresi linier penelitian diketahui hubungan antara penerapan SMK3 terhadap produktivitas meningkat dengan persamaan Y = 4,586 + 0,030X; dengan Y = Produktivitas Tenaga Kerja dan X = Penerapan SMK3. Hasil uji koefisien determinasi (R²) sebesar 56%, untuk hasil uji F didapat nilai F hitung sebesar 45,735 > 4,11 = F tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel penerapan SMK3 berpengaruh secara simultan terhadap produktivitas tenaga kerja, sedangkan untuk hasil uji t didapat didapat nilai t hitung sebesar 0,309 < 2,028 = t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel penerapan SMK3 tidak berpengaruh secara parsial terhadap produktivitas tenaga kerja.


Kata Kunci: Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Produktivitas, Uji Regresi Linier Sederhana Jumlah Kata: 238 Kat


Full Text:

PDF

References


Busro, M. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Bangun, Wilson. 2012.

Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Buchari. 2007. Penanggulangan Kecelakaan. Medan: USU Repository

Ervianto, Wulfram I. 2005. Manajemen Konstruksi. Yogyakarta: Andi Ofset.

Hasibuan, H. Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Dasar Dan Kunci Keberhasilan. Jakarta: Haji Masagung.

Mangkunegara, D. A. 2002.

Evaluasi Kinerja SDM.

Bandung: Refika Aditama

https://www.pu.go.id, 2015.

Penerapan SMK3 di Proyek Konstruksi Kurangi Kecelakaan Kerja. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

https://industri.bisnis.com. 2018. Penerapan Standar Keselamatan Kerja di Indonesia Masih Minim. 12 Desember 2018.

Jubilee Enterprise. 2018. SPSS Komplet Untuk Mahasiswa. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Munasih, dkk. 2015. Pengaruh Penerapan K3 Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Pembesian. Malang: Jurnal Industri Inovatif Vol. 5 No. 1

Pemerintah Indonesia. 2012. Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 Tentang Sistem Manajemen Keselamatan Kerja. Indonesia.

Santoso, S. 2018. Mahir Statistik Parametrik Konsep Dasar dan Aplikasi Dengan SPSS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta

Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian (Rev. ed). Bandung: Alfabeta.

Sompie, B.F., Raldo Septian Victor Kaligis, J. Tjakra, & D.R.O. Walangitan. 2013. Pengaruh Implementasi Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Produktivitas Kerja. Manado: Jurnal Sipil Statik Vol.1 No. 3.

Pangestu, A. 2016. Pengaruh Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja ( K3 ) Dan Disiplin Kerja Karyawan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT . Wika Realty Proyek Pembangunan Tamansari Hive Office Park). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

P.K, Suma’mur. 2009.

Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: Haji Masagung.

Wahyuni, Nia Tri. 2008. Pengaruh Penerapan Safety Management Terhadap Kinerja Produktivitas Tenaga Kerja. Skripsi. Diterbitkan Fakultas Teknik. Universitas Indonesia.

Depok: 2008

Widhiarso, W. (2011). SKALO : Program Analisis Skala Guttman. Program Komputer. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Wirahadikusumah, Reini D. 2007. Tantangan Masalah Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Proyek Konstruksi Di Indonesia. Bandung: Fakultas Teknik Sipil Dan Lingkungan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.