PELAKSANAAN PEKERJAAN STRUKTUR LANTAI 19 PROYEK HOTEL TRANSPARK CIBUBUR


Aditya Reza Pratama, Luther Panangian Joseph, Mursid Mufti Ahmad

Abstract


Pelaksanaan pekerjaan struktur lantai 19 proyek hotel Transpark Cibubur menggunakan sistem semi system pada pekerjaan kolom, balok, dan pelat. Pelaksanaan pekerjaan struktur terdiri dari pekerjaan pembesian, bekisting dan pengecoran. Proyek akhir ini bertujuan untuk menyusun pelaksanaan penjadwalan pekerjaan struktur, menghitung durasi pekerjaan,kebutuhan alat, bahan, dan tenaga kerja dan volume pekerjaan struktur yang dibutuhkan, menganalisis kekuatan bahan bekisting kolom, balok, dan pelat serta menganalisis metode pelaksanaan. Metode penelitian yang digunakan ialah mengolah data yang didapat dari wawancara, kunjungan lapangan serta studi kepustakaan untuk mencapai tujuan proyek akhir ini. Hasil akhir menyimpulkan bahwa tegangan dan lendutan yang terjadi pada bekisting kolom, balok, dan pelat tidak melebihi tegangan dan lendutan izin yang berlaku. Pelaksanaan pekerjaan pembesian terdiri dari persiapan, fabrikasi hingga pemasangan. Pelaksanaan pekerjaan bekisting terdiri dari persiapan, fabrikasi, pemasangan dan pembongkaran. Pelaksanaan pekerjaan pengecoran terdiri dari persiapan, pengecoran dan perawatan.

 

Kata Kunci: Pembesian; Bekisting; Pengecoran


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

ACI Committe 347. 2001. Guide to Formwork for Concrete. USA : American Concrete Institute.

Asiyanto. 2010. Formwork For Concrete. Jakarta: UI Press.

Badan Standarisai Nasional. SNI 2847 : 2013 Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung. Jakarta : Dewan Standarisasi Indonesia.

SKSNI-T3-1991 Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung. Jakarta : Dewan Standarisasi Indonesia.

SNI 7394 : 2008 Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton Untuk Konstruksi Bangunan Gedung dan Perumahan. Jakarta : Dewan Standarisasi Indonesia.

SNI 03-1729-2002 Tata Cara Perencanaan Struktur Baja Untuk Bangunan Gedung. Jakarta : Dewan Standarisasi Indonesia.

Cormac, J. 2004. Design Of Reinforced Concrete, Fifth Edition. Jakarta : Erlangga. F, Wighbout, Ing.1987. Pedoman Tentang Bekisting (Kotak Cetak). Jakarta : Erlangga.

Murdock, L.J, dan Brook, K.M. 1979. Concrete Materials and Practice. Jakarta: Erlangga.

Panitia Normalisasi Bagian Konstruksi Kayu. 1961. Peraturan Konstruksi Kayu Indonesia-1961- NI-5. Bandung : Departemen Pekerjaan Umum.

Panitia Pembaharuan. 1971. Peraturan Beton Bertulang Indonesia 1971. Bandung : Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik.

PP. 2003. Buku Referensi untuk Kontraktor Bangunan Gedung dan Sipil. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Schueller, W, 1989. Struktur Bangunan Bertingkat. Jakarta: Rafika

Sunggono, V. 1984. Buku Teknik Sipil. Jakarta : Nova.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.