PERENCANAAN PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KELURAHAN CIRENDEU KOTA TANGERANG SELATAN


Fachrizal Ramadhan Risan Jayadi, Fadli Himawan, Suripto Suripto

Abstract


Permasalahan air bersih merupakan suatu permasalahan yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia karena beberapa faktor. Biasanya permaslaahan air bersih di wilayah studi penelitian ini yakni Kelurahan Cirendeu, Tangerang Selatan disebabkan oleh musim kemarau panjang sehingga sumur dan sumber mata air mengering pada musim kemarau ini. Selain itu, tidak adanya pelayanan dari Perusahaan Daerah Air Minum juga menjadi alasan warga hanya mengandalkan air bawah tanah berupa sumur dan ledeng dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Akibatnya, warga hanya mengandalkan sumber mata air di sekitar pemukiman. Maka dari itu, kami melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui upaya memenuhi kebutuhan air bersih bagi daerah – daerah yang belum terlayani. Selain itu juga membentuk suatu sistem jaringan mandiri dalam hal penyediaan dan pengelolaan air bersih sebagai solusi dalam penanganan masalah ketersediaan air bersih yang masih terbatas. Untuk mencegah terjadinya kekurangan air bersih saat terjadi banjir sebaiknya dilakukan pengehematan dan pemakaian air yang optimal. Dari hasil penelitian ini, berisiskan tentang perhitungan debit sumber, debit kebutuhan, jumlah bangunan, perhitungan jaringan, dan perencanaan bangunan pengolahan. Dengan adanya proyek ini, diharapkan semua dapat bekerjasama untuk dapat memelihara bangunan-bangunan tersebut agar dapat digunakan sesuai dengan yang telah direncanakan.

 

Kata Kunci: Bangunan Pengolahan, Permasalahan Air Bersih, Tujuan Penelitian


Full Text:

PDF

References


Indianto, Andi. 2006. Buku Ajar Project Work Air. Depok : Politeknik Negeri Jakarta.

Qodriyatun, Sri Nurhayati. 2015. Penyediaan Air Bersih di Indonesia: Peran Pemerintah, Pemerintah Daerah, Swasta, dan Masyarakat. Jakarta : Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI.

Direktorat Jenderal Cipta Karya. 1987. Sistem Jaringan Pipa. Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Direktorat Jenderal Cipta Karya. 2010. Standar Kebutuhan Air. Direktorat Jenderal Cipta Karya.

Sularso dan Tahara, Haruo. 1987. Pompa dan Kompressor : Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan. Jakarta : PT. Pradyna Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.