ANALISIS PENINGKATAN KAPASITAS GERBANG TOL BITUNG 2 DENGAN TRAFFIC MICRO SIMULATION
Abstract
tundaan rata-rata turun sebesar 77%. Setelah dilakukan prediksi lalu lintas untuk lima tahun mendatang, diperoleh pertumbuhan lalu lintas harian rata-rata (LHR) kendaraan yang melewati Gerbang Tol Bitung 2 sebesar 0,74% setiap tahunnya. Setelah dilakukan analisis dengan prediksi lalu lintas, alternatif solusi yang dibuat menghasilkan panjang antrean rata-rata turun sebesar 76% dan tundaan rata-rata turun sebesar 69% dibanding dengan volume lalu lintas eksisting yang hasilnya
masih sesuai dengan SPM.
Katakunci : Vissim, Gerbang Tol, SPM, Panjang Antrean, Tundaan
Full Text:
PDFReferences
Republik Indonesia. (2005). PP Nomor 15 Tahun 2005. tentang Jalan Tol.
Menteri Pekerjaan Umum. (2009). Tentang Geometri Jalan Bebas
Hambatan untuk Jalan Tol. Jakarta
PT Jasa Marga Tbk. (1999). Pedoman Perencanaan Fasilitas Tol. Jakarta.
Menteri Pekerjaan Umum. (2007). Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor No. 370/KPTS/M/2007 tentang Penetapan Golongan Kendaraan
Bermotor pada Ruas Jalan Tol yang sudah beroperasi dan Besarnya Tarif
Tol pada Beberapa Ruas Jalan Tol. Jakarta.
Menteri Pekerjaan Umum. (2014). Peraturan Pekerjaan Umum Nomor
No. 16/PRT/M/2014 tentang Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol. Jakarta.
Rancangan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, Rancangan Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil Kapasitas Jalan Bebas Hambatan, Kementrian Pekerjaan Umum, 2014.
Menteri Pekerjaan Umum. (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia
Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.
PT Jasa Marga Tbk. (2013). Sistem Transaksi Pada Pengoperasian Jalan
Tol. Jakarta.
PTV AG , Training PTV Vissim Basic Course, Jakarta: Graha
Inspirasi, 2015.
Aulia, A. F. (2018). Evaluasi Kinerja Gerbang Tol Pasca Penerapan Sistem Pembayaran Tol NonTunai. Jurusan Teknik Sipil. Politeknik Negeri Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.