PELAKSANAAN STRUKTUR ATAS LANTAI SATU PADA PROYEK ROYAL GARDEN APARTMENT


Achmad Oktobrianto, Rizky Harifardhanto, Andikanoza Pradiptiya

Abstract


Pekerjaan struktur atas merupakan salah satu pekerjaan yang paling utama dalam sebuah proyek pembangunan high rise building. Pengkajian pelaksanaan pekerjaan struktur atas ini dilakukan untuk mengetahui keefektifan metode kerja tanpa tower crane yang digunakan pada proyek Royal Garden Apartment. Gedung apartemen ini memiliki 8 tingkat yang pengerjaan tiap lantainya dibagi menjadi 2 zona kerja, termasuk lantai 1. Perhitungan kebutuhan alat, tenaga kerja, dan bahan pada pekerjaan kolom, balok, dan pelat lantai menggunakan cara SNI dan beberapa buku referensi, lalu dibandingkan dengan kurva S pelaksanaan aktual lapangan. Hasilnya adalah diperoleh durasi pekerjaan dan susunan tenaga kerja yang lebih efektif ataupun lebih boros. Perhitungan kebutuhan alat pada proyek ini hanya berbeda durasinya sedikit, untuk jumlahnya tetap sama. Sedangkan kebutuhan tenaga kerja dan bahan pada perhitungan artikel ini lebih banyak, namun durasinya diperpendek dari 5 minggu menjadi 4 minggu. Jadi, metode kerja pada proyek Royal Garden Apartment ini memiliki kelebihan yaitu lebih murah dan memilki kerugian berupa lebih lambatnya durasi pekerjaan serta kebutuhan tenaga kerja yang lebih banyak yang berakibat menurunya produktifitas karena penumpukan tenaga kerja.


Kata kunci : Pekerjaan struktur atas, Royal Garden Apartment, Alat, Tenaga kerja, Bahan.


Full Text:

PDF

References


F. Wigbout, Ing. 1987. Bekisting (Kotak Cetak), Jakarta : Erlangga.

Ir. Rudy Gunawan. Tabel Profil Konstruksi Baja.

ACI Comitte Report. 2001. Guide to Formwork for Consolidation of Concrete. USA : American Concrete Institute.

Nasional, B. S. 1991. SKSNI T-15-1991-03 : Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung. Badan Standarisasi Nasional.

Nasional, B. S. 2008. SNI 1972:2008 :Uji Slump Beton. Badan Standarisasi Nasional.

Nasional, B. S. 2008. SNI 7394:2008 :Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan beton untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan. Badan Standarisasi Nasional.

Nasional, B. S. 2013. SNI 03-2847-2013 : Persyaratan beton struktural untuk bangunan gedung. Badan Standarisasi Nasional.

Nasional, B. S. 2014. SNI 07-2052-2014 : Baja tulangan beton.

Peraturan Konstruksi Kayu Indonesia. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.