ANALISIS WAKTU SIKLUS TOWER CRANE PADA PROYEK SOUTH SIDE APARTMENT


Hafiza Fadhila, Afrizal Nursin

Abstract


Aktivitas pemindahan material merupakan salah satu kebutuhan yang utama agar sebuah proyek dapat terus berlangsung. Pekerjaan pada proyek sangat kompleks, agar lebih efektif maka dibutuhkan alat bantu yaitu alat berat khususnya tower crane. Tower crane adalah alat bantu utama yang digunakan untuk pemindahan material secara vertikal dan horizontal dengan jangkauan sesuai dengan tinggi dan radiusnya. Dengan demikian, pekerjaan dapat tercapai dengan lebih mudah pada waktu yang relatif lebih singkat. Pada penelitian ini, permasalahan yang diangkat adalah bagaimana waktu siklus dan tingkat produksi tower crane, serta upaya pengoptimalisasian tower crane dan peningkatan produktivitas pekerjaan pada proyek. Dilakukan pengamatan terhadap salah satu tower crane pada Proyek South Side Apartment yang berfokus pada pekerjaan pemasangan rangka besi kolom. Tujuannya adalah mengetahui waktu siklus tower crane, produktivitas pekerjaan melihat dari produksi tower crane, dan upaya agar tower crane bekerja lebih optimal. Dapat diketahui waktu siklus rata-rata tower crane pemasangan 12,89 menit dengan penggunaan 2,15 jam per hari dan efisiensi alat 0,83. Dari produksi tower crane dapat diketahui produktivitas pekerjaan dimana didapatkan hasil realisasi di lapangan terdapat 2 hari yang berada dibawah rencana dan berdasarkan analisis hasil pengamatan terdapat 5 hari yang berada dibawah rencana. Agar tower crane bekerja lebih optimal maka dilakukan upaya peningkatan salah satunya mempercepat elemen gerak pada siklus tower crane agar produktivitas pekerjaan dapat meningkat.
Kata kunci : Waktu, Tower Crane, Produktivitas, Kolom

Full Text:

PDF

References


Rostiyanti S. F. 2008. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi. Rineka Cipta.

Nursin, A. 1999. Alat Berat dan Pemindahan Tanah Mekanis. Teknik Sipil - Politeknik Universitas Indonesia.

Hartono P.E., dkk. 2013. Program Perhitungan Efektivitas Waktu dan Biaya Pemakaian Tower Crane. Dimensi Pratama Teknik Sipil.

Nursin, A. 1995. Alat Berat. Bandung: Pusat Pengembangan Pendidikan Politeknik.

Dipohusodo, I. 1996. Manajemen Proyek dan Konstruksi . Yogyakarta: Kanisius.

Aditya, M. t.thn.. Rekonstruksi Pekerjaan Pembesian Pada Proyek Pembangunan Gedung Perkantoran Chase Tower .

Addien, G. M. 2018. Analisis Waktu dan Gerak Tower Crane pada Proyek Wisma Kartika untuk Meningkatkan Produktivitas. Tugas Akhir. Teknik Sipil. Politeknik Negeri Jakarta: Depok.

Takwim, R. A. 2017. Analisa Waktu dan Faktor-Faktor Produktivitas Tower Crane pada Proyek Gayanti City. Tugas Akhir. Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta: Depok.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rochmanhadi. 1982. Alat-alat Berat dan Penggunaannya. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.