POTENSI PENERAPAN SISTEM ELECTRONIC ROAD PRICING (ERP)


Firya Adilah, Achmad Nadjam

Abstract


Peningkatan kebutuhan perjalanan masyarakat di wilayah DKI Jakarta yang tidak seimbang dengan pertumbuhan jalan yang menyebabkan kemacetan. Salah satu upaya untuk menangani permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan kebijakan pembatasan lalu lintas menggunakan Sistem Jalan Berbayar Elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi eksisting karakteristik lalu lintas pada ruas jalan yang ditinjau, menganalisis peluang perpindahan pengguna jalan terhadap sistem ERP, dan menganalisis potensi penerapan sistem ERP. Data yang dikumpulkan dari hasil survey lalu lintas dan penyebaran kuesioner kepada pengguna kendaraan roda empat. Untuk menganalisis kondisi eksisting karakteristik lalu lintas menggunakan metode perhitungan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014. Dan untuk mengetahui peluang perpindahan pengguna jalan terhadap sistem ERP menggunakan metode analisis regresi logistik biner. Sedangkan, untuk mengetahui potensi penerapan sistem ERP yaitu dengan membandingkan biaya kemacetan sebelum ERP dengan prediksi ketika kebijakan ERP diberlakukan. Dari hasil perhitungan dan analisis, kondisi jalan akan mengalami penurunan volume kendaraan sebesar 50% apabila sistem ERP diterapkan sehingga derajat kejenuhan dijalan tersebut menjadi sangat baik dibandingkan dengan sebelum kebijakan sistem ERP. Selain itu, terjadi penghematan biaya kemacetan sebesar Rp532,291.998/jam untuk jam sibuk pagi dan Rp. 294,167.785/jam untuk jam sibuk sore apabila sistem ERP diberlakukan.


Kata kunci : Biaya Kemacetan, Derajat Kejenuhan, Jalan Berbayar Elektronik, Peluang Perpindahan


Full Text:

PDF

References


Susantono, Bambang. 2010. Electronic Road Pricing (ERP) Salah Satu Solusi Masalah Kemacetan di Kota Jakarta. Jakarta : Direktorat Jendral Tata Ruang- Kementrian ATR/BPN.

Sianipar, Arbie 2018. Analisis Potensi dan Kesiapan Penerapan Electronic Road Pricing di Wilayah Perkotaan. Warta Penelitian Perhubungan Vol.20 November 2018.

Hajia M.C.,dkk. 2019. Penerapan Road Pricing Pada Ruas Jalan Arteri Primer Di Kota Manado (Studi Kasus: Jalan Sam Ratulangi - Pertigaan Pikat). Jurnal Sipil Statistik Vol.7 No.1 Januari 2019. ISSN: 2337-6732.

Fauzi, Muhammad Ridwan. 2017. Studi Kelayakan Penerapan Electronic Road Pricing Pada Jalan Embong Malang. Tugas Akhir Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Saputra, Petrick Dwi dan Najid. 2018. Pengendalian Penggunaan Kendaraan Pribadi Dengan Strategi Parkir dan ERP Di Sudirman-Thamrin (DKI Jakarta). Jurnal Mitra Teknik Sipil Vol.1 No.2 November 2018. EISSN 2622-545X.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarat. 2012. Feasibility Study untuk ERP (Electronic Road Pricing). Jakarta.

Direktorat Jendral Bina Marga. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Hayati, Erna. 2014. Analisis Regresi Logistik Untuk Mengetahui Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Frekuensi Kedatangan Pelanggan Di Pusat Perbelanjaan “X”. Jurnal Universitas Islam Lamongan.

Basuki, Imam dan Siswadi. 2008. Biaya Kemacetan Ruas Jalan Kota Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil Vol.9 No.1 Oktober 2008.

Pd-T-15-2005-B. 2005. Perhitungan Biaya Operasi Kendaraan Bagian I : Biaya Tidak Tetap (Running Cost). Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Susanti, Suci dan Maria Magdalena. 2015. Estimasi Biaya Kemacetan di Kota Medan. Jurnal Penelitian Transportasi Multimoda Vol.13 No.01 Maret 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.