PELAKSANAAN PEKERJAAN STRUKTUR LANTAI 5 PADA PROYEK SOUTHSIDE APARTMENT DEPOK


Rahma Ulfah, Ratna Savika Devi, Andrias Rudi Hermawan

Abstract


Pelaksanaan pekerjaan struktur beton bertulang lantai 5 pada proyek Southside Apartment menggunakan metode bekisting semi-sistem. Bekisting semi sistem dalam pelaksanaannya menggunakan kayu berupa plywood dan baja profil. Pelaksanaan pekerjaan struktur terdiri dari pekerjaan pembesian, bekisting, dan pengecoran pada pekerjaan struktur kolom, dinding geser, balok, dan pelat lantai. Pada proyek akhir ini, penulis bertujuan untuk menganalisa kebutuhan tenaga kerja, kebutuhan alat, material, dan kekuatan bahan bekisting kolom, dinding geser, balok, dan pelat lantai. Penulis melakukan wawancara, kunjungan lapangan dan studi kepustakaan untuk mendapatkan data. Kesimpulan dari proyek akhir ini adalah mendapatkan dimensi dan jarak yang lebih efisien serta efektif untuk bahan bekisting kolom, dinding geser, balok dan pelat lantai yang tidak melebihi tegangan dan lendutan yang diizinkan. Pelaksanaan pekerjaan pembesian dan bekisting yang terdiri dari persiapan, fabrikasi dan pemasangan. Pelaksanaan pekerjaan pengecoran yang terdiri dari persiapan, pengecoran, dan perawatan.


Kata kunci: Pembesian; Bekisting; Pengecoran


Full Text:

PDF

References


, A. C. (2001). Guide to Formwork for Concrete. USA: American Concrete Institute.

Gunawan, R. (2017). Tabel Profil Baja. Yogyakarta: Yayasan Sarana Cipta.

Kayu, P. N. (1961). Peraturan Konstruksi Kayu Nasional Indonesia-1961-NI-5. Bandung: Departemen Pekerjaan Umum.

Ing., F. W. (1997). BEKISTING (BUKU CETAK). Jakarta: ERLANGGA.

Nasional, B. S. (2013). SNI 2847:2013 Persyaratan Beton Struktur Untuk Bangunan Gedung. Jakarta: Dewan Standarisasi Indonesia.

Nasional, B. S. (2017). SNI 2052:2017 Baja Tulangan Beton.. Jakarta: Dewan Standarisasi Indonesia.

Nasional, B. S. (2008). SNI 2847:2013 Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton untuk Konstruksi Bangunan Gedung

dan Perumahan.. Jakarta: Dewan Standarisasi Indonesia.

Pembaharuan, P. (1971). Peraturan Beton Bertulang Indonesia 1971. Bandung: Departement Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik.

PP. (2003). Buku Referensi untuk Kontraktor Bangunan Gedung dan Sipil. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Peurifoy, Robert L.& Oberlender, Garold D. (2011). Formwork for Concrete Srructures. New York: The McGraw-Hill Companies.

Sunggono, V. (1984). Buku Teknik Sipil Indonesia. Jakarta: Nova.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.