ANALISIS KINERJA GERBANG TOL KAMAL 1 PASCA PENAMBAHAN GARDU TRANSAKSI


Minsari Minsari, Zainal Nur Arifin

Abstract


Gerbang Tol Kamal 1 memiliki 7 gardu transaksi dengan konfigurasi 3 gardu keluar Arteri Kamal dan 4 gardu masuk Tol JORR W1, dimana hal itu belum mampu mengatasi antrean kendaraan yang menuju Gerbang Tol Kamal 1. Untuk mengatasi hal tersebut, 2 Mei 2019, jumlah gardu pada Gerbang Tol Kamal 1 ditambah menjadi 4 gardu keluar Arteri Kamal dan 5 gardu masuk Tol JORR W1. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan gardu terhadap kinerja Gerbang Tol Kamal 1. Metode yang digunakan antara lain analisis kinerja gerbang tol dengan pendekatan mulitiserver yang meliputi kapasitas gerbang tol, panjang antrian kendaraan, dan kebutuhan jumlah gardu yang sesuai.serta analisis komposisi dan arus kendaraan yang menuju Gerbang Tol Kamal 1.Berdasarkan
hasil analisa, kinerja Gerbang Tol Kamal 1 sebelum dan sesudah penambahan gardu sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol seperti rata-rata waku transaksi kurang dari 5 detik, rata-rata waktu pelayanan berkisar antara 8-13 detik serta intensitas lalu lintas memiliki nilai kurang dari 1. Namun kapasitas gardu pada Gerbang Tol Kamal 1 belum sesuai dengan SPM Jalan Tol
yang seharusnya adalah 450 kendaraan/jam. Selain itu, arus dan komposisi kendaraan lebih banyak yang mengarah ke JORR W1 dibandingkan dengan arah Arteri Kamal. Dengan ini, perlu dilakukan evaluasi kembali terhadap konfiguras gardu yang sudah ada pada Gerbang Tol Kamal 1.


Katakunci : Konfigurasi Gardu, Kinerja Gerbang Tol, Kapasitas


Full Text:

PDF

References


Anon. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Tol Indonesia. Jakarta:

Direktorat Jendral Bina Marga.

Divisi Manajemen Operasi PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. 2015. Perencanaan Kebutuhan Gardu Operasi. Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, 2014. Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol. Paten No.16/PRT/M/2014.

Martin, Wohl. dan Brian Martin. 1967. Traffic System Analysis. Amerika Serikat:

Republik Indonesia. Undang- Undang tentang Jalan. Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 132. Sekretariat Negara. Jakarta

Tamin, O.Z. 2003. Transportation Planning and Modelling: Perencanaan dan Pemodelan Transportasi : Problem and Aplication. ITB Press. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.