DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT BEROPERASINYA MALL TERHADAP KINERJA JALAN


Febira Chaerunisa, Nuzul Barkah Prihutomo

Abstract


Laju pertumbuhan ekonomi di Kota Depok beberapa tahun belakangan ini berkembang pesat, karna berlokasi yang relatif dekat dengan Ibu Kota maka fasilitas penunjang seperti pusat perbelanjaan menjadi faktor penentu dan daya tarik bagi masyarakat. Dengan berdirinya pusat perbelanjaan baru di Kota Depok maka akan menimbulkan tarikan dan bangkitan lalu lintas pada jalan–jalan khususnya sekitar Pesona Square dan Jalan Ir Juanda yang dapat menyebabkan kemacetan. Aktivitas keluar dan masuknya pengunjung dapat memberikan dampak terhadap kinerja Jalan Ir Juanda, sehingga dengan berdirinya Pesona Square perlu dilakukan studi Analisis Dampak Lingkungan Lalu Lintas (Andalalin). Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan Pedoman Kinerja Jalan Indonesia 2014 (PKJI 2014) yang meliputi Kpasitas, Kecepatan dan Derajat Kejenuhan Jalan. Dari hasil survey lapangan yang dilakukan di dapatkan volume lalu lintas pada kondisi eksisting sebesar 2710,95 skr/jam dengan kapasitas jalan sebesar 2914,56 dan didapat v/c sebesar 0.86 . karna itu dibutuhkan alternatif penanganan dimana pada alternatif 1 didapatkan dilai DS menjadi 0,65 dan untuk alternatif 2 DS
menjadi 0,62. Serta pada 5 tahun prediksi volume kendaraan sebesar 3219,76 skr/jam masih bisa ditampung dengan DS sebesar 0,77 .
Kata Kunci : Andalain, Derajat Kejenuhan, Kinerja Jalan.

Full Text:

PDF

References


A. S. Widodo, Analisis Dampak Lalu Lintas Pada Pusat Perbelanjaan Yang Telah Beroperasi Ditinjau Dari Tatikan Perjalanan, Semarang: Universitas Diponegoro, 2007.

Anonim, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia, Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga, 2014.

Anonim, PVT Vissim 9 User Manual, Karisruhe, 2016.

B. C. Jinata, J. A. Timboleng dan S. V. Pandey, “Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Adanya Transmart Carrefour Bahu Mall,” Jurnal Sipil Statik, vol. VI, no. 3, pp. 146-152, 2018.

F. A. Lestari dan Y. Apriani,“Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Adanya Pusat Perbelanjaan Dikawasan Pasar Pagi Pangkalpinang Terhadap Kinerja Jalan,” Jurnal Fropil, vol. II, no. 1, pp. 32-44, 2014.

F. A. Lestari, Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Adanya Pusat Perbelanjaan Dikawasan Pasar Pagi Pangkal Pinang Terhadap Kinerja Jalan, Bangka Belitung: Universitas Bangka Belitung, 2014.

H. F. Tambunan, Analisis Dampak Lalu Lintas Terhadap

Pembangunan Hotel Pop, Bandar Lampung: Universitas Lampung. 2016.

I. Ifran, Y. P. Zulkarnain dan I. S. Fuad, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Dengan Menggunakan MKJI Jalan AKBP Cek Agus Palembang,” Jurnal Desiminasi Teknologi , vol. III, no. 1, pp. 56- 65, 2015.

J. Sumajouw, B. F. Sompie dan J. A. Timboeleng, “Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) Kawasan Kampus Universitas Sam Ratulangi,” Jurnal Ilmiah Media Engineering , vol. III, no. 2, pp. 133-143, 2013.

N. Widyastuti, Dampak Pusat Perbelanjaan Modern Mall Solo Square Terhadap Sistem Transportasi Kawasan Sekitar,Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2013.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Bandung: ITB, 2000.

R. Safitri, Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Hartono Lifesyle Mall Di Solo Baru, Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2013.

T. Rantung, B. F. Sompie dan F.

Jansen, “Analisis Dampak Lalu

Lintas (Andalalin) Kawasan

Lippo Plaza Kairagi Manado,”

Jurnal Ilmiah Meda Engineering,

vol. V, no. 1, pp. 315-327, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.