ANALISIS PERBADINGAN PENERAPAN PELAKSANAAN PROYEK DENGAN METODE RPWM DAN CPM Studi Kasus : Mixed Use Southgate Tanjung Barat


Sidiq Wacono, Alvinsyah Ginartra

Abstract


Proses penjadwalan proyek selama pelaksanaan pekerjaan konstruksi merupakan kegiatan penting dari suatu proyek. Keberhasilan atau kegagalan dari suatu proyek dapat disebabkan penjadwalan yang tidak matang serta pengendalian yang kurang efektif, sehingga kegiatan proyek tidak efisien. Hal tersebut akan mengakibatkan keterlambatan, menurunnya kualitas, dan meningkatnya biaya pelaksanaan. Waktu kerja manajemen proyek dibatasi oleh jadwal yang ditentukan sehingga pimpinan yang terlibat dalam proyek harus dapat mengantisipasi perubahan kondisi yang terjadi. Metode RPWM-CPM dapat menjadi salah satu pilihan untuk megantur waktu penyelesaian proyek dengan lebih efisien dan efektif. Untuk mengurangi dampak keterlambatan proyek penulis menggunakan metode ini guna mengetahui aplikasi metode mana yang dapat lebih mempercepat dan efektif dalam penjadwalan pada suatu proyek serta mengatahui kelebihan kekurangannya. Prosedur penulisan dimulai dengan melakukan studi kepustakaan, pengambilan data, melakukan pengamatan langsung pada proyek dan merangkum hasil pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisa data akan diketahui bahwa penjadwalan akan lebih cepat atau tidak serta diketahui metode mana yang lebih efektif. Dimana pada akhir peninjauan proyek kedua metode tersebyt mengalami efisiensi namun apabila dibandingkan tidak ada perubahan.
Kata kunci : Aplikasi, Manajemen Proyek, Metode RPWM-CPM, Penjadwalan, Perbandingan.

Full Text:

PDF

References


Rachmad Sitepu, 1995. Menentukan Jalur Kritis Dengan Metoda Critical Path Method, Medan.

Ervianto, 2004. Teori-Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi, Penerbit Andi : Yogyakarta.

Agung Budi Broto, 2003. Chapter 3, Manajemen Proyek 3, Jakarta : Politeknik Negeri Jakarta.

Immanuel Pratomojati, Edy Pramono, Setiyadi, 2007. Buku Ajar Manajemen Konstruksi I, Politeknik Negeri Jakarta, Jakarta.

Tam, P. &. (t.thn.), 1998. Construction Project Scheduling by Ranked Positional Weight Method . Jurnal Teknik Sipil, 424-436.

N. Martha, J., & A.A. Diah, P. D. 2007. Analisa Penjadwalan Proyek Menggunakan Ranked Positional Weight Method dan Precedence Diagram Method, Universitas Udayana - Bali.

Ir. Rosnani Ginting, 2007. Line Balancing, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Trihendradi, C. 2014. Mastering Microdoft Project 2013 Langkah Mudah Merencanakan & Mengendalikan Proyek. Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.