NILAI PARAMETER KUAT GESER TANAH DEPOK AKIBAT SIKLUS PEMBASAHAN PENGERINGAN


Mersi Yermia Hontong, M. Ibnu Ismoyo, Istiatun Istiatun

Abstract


Tanah adalah bagian penting dalam konstruksi bangunan. Tanah diharapkan mampu mendukung beban yang ada di atasnya. Daya dukung tanah dipengaruhi oleh parameter kuat geser tanah. Untuk tanah berbutir halus dapat mengalami perubahan nilainya akibat adanya perubahan siklus pembasahan dan pengeringan yang ada di lapangan. Untuk mengetahui perubahan nilai parameter kuat geser tersebut akibat siklus pembasahan dan pengeringan, perlu dilakukan penelitian tentang perubahan nilai parameter kuat geser tanah. Pembasaha dan Pengeringan tanah dilakukan beradasarkan siklus pengujian. Siklus yang dilakukan adalah siklus 1 (1 hari pembasahan, 1 hari pengeringan). Untuk siklus 2 adalah 2 kali pengulangan siklus 1. Siklus 3 adalah 3 kali pengulangan siklus 1. Untuk siklus 4 adalah 4 kali pengulangan siklus 1. Perubahan nilai parameter kuat geser yang mengalami siklus dibandingakan terhadap nilai parameter kuat geser tanah asli (undisturb). Sehingga dapat diketahui perubahan nilai parameter kuat geser tanah akibat siklus pembasahan dan pengeringan.


Kata kunsi : Kuat Geser Tanah, Recompacted, Siklus, Tanah, Undisturbed.


Full Text:

PDF

References


Adha, I., 2008, Penuntun Praktikum Mekanika Tanah. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Afriani, L. 2014. Kuat Geser Tanah. Bandar Lampung: Graha Ilmu.

Das, B. M., 2008, Advanced Soil Mechanics. London: Taylor Francis.

Soedarmo, Djatmiko, Purnomo, J. Edy, 1993, Mekanika Tanah I. Malang: Kanisius.

Hakam, A., 2010, Studi Pengaruh Penambahan Tanah Lempung Pada Tanah Pasir Pantai Terhadap Kekuatan Geser Tanah. Jurnal Rekayasa Sipil, 23.

Nugroho, S. A., 2011, Korelasi Parameter Kuat Geser Hasil Uji Geser Langsung Dan Uji Triaxial Tanah Lempung Pasir. Jurnal Sains dan Teknologi , 24.

Sosdarsono, Suyono, Nakazawa, Kazuto, 2000, Mekanika Tanah Dan Teknik Pondasi. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Das, B.M. Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknik. Disunting oleh I.B. Mochtar dan Noor. Endah. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1995.

Hardiyatmo, H. C,. Mekanika Tanah I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2002.

Hardiyatmo, Hary Christady. Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2011.

Respati N, Sri dan Sudardja, Handi. Modul dan Lembar Kerja Praktikum Uji Tanah. Depok, 2015.

S.A, Naeini, N., Gholampoor., S.A., NajmosadatyYazdy. “The Effect of Wetting- Drying Cycles and Plasticity Index on California Bearing Ratio of Lime Stabilized Clays.” Journal of Engineering Geology 9, no. 2 (2015).

Sihotang, Asrilchan J,. Iskandar, Rudi. “Analisis Hubungan Berat Isi Kering Maksimum dan Kadar Air Optimum Berdaarkan Batas Plastis dan Batas Cair.”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.