KEMACETAN AKIBAT FASILITAS PARKIR PADA BADAN JALAN DAN HAMBATAN SAMPING


Fahmy Valdy Ahmad, Achmad Nadjam

Abstract


Jalan Matraman-Kp. Melayu sebagai Kawasan pusat perbelanjaan PD. Pasar Jatinegara mengalami kemajuan yang pesat. Hal ini secara langsung meningkatkan aktivitas disekitar jalan Matraman Raya-Kp. Melayu yang mengakibatkan penurunan kinerja jalan. Aktivitas tersebut dapat berupa aktivitas parkir dan hambatan samping lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak fasilitas parkir dan hambatan samping terhadap kinerja lalu lintas dan mencari solusi kemacetan pada jalan Matraman Raya. Dampak parkir dan hambatan samping terhadap kinerja lalu lintas di ruas jalan Matraman Raya-Kp. Melayu pada hari kerja berada pada kategori E. sedangkan pada hari libur berada pada kategori D. Pada alternatif solusi 1 tidak meningkatkan pelayanan jalan eksisting. Pada alternatif solusi 2 meningkatkan pelayanan jalan dari kategori E menjadi kategori D. Pada alternatif solusi 3 meningkatkan pelayanan jalan dari kategori E menjadi kategori B.
Katakunsi : Parkir, Kinerja, Lalu Lintas, Ruas, Alternatif.

Full Text:

PDF

References


Krisnawati, Lucia Desti. 2014. Kajian Pengaruh Kinerja Ruas Jalan Akibat Parkir Di Badan Jalan Hos Cokroaminoto (Pasar Pahing) Kota Kediri. Jurnal Ilmiah Berkala Universitas Kediri.

Yany, dkk. 2016. Pengaruh Parkir Pada Badan Jalan Terhadap Kinerja

Ruas Jalan (Studi Kasus: Ruas Jalan Ciledug Kota Garut). Jurnal Konstruksi Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

Hadijah dan Sriharyani. 2016. Pengaruh Parkir Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan ( Studi Kasus Jalan Imam Bonjol Kota Metro). Jurnal Teknik Sipil

Universitas Muhammadiyah Metro.

Khasani dkk. 2015. Analisis Sistem Parkir Di Badan Jalan (on Street Parking) Terhadap Kelancaran Berlalu Lintas Di Jalan Gonilan-Pabelan. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Sebelas Maret.

Alhadar, Ali. 2011. Analisis Kinerja Jalan Dalam Upaya Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Pada Ruas Simpang Bersinyal Di Kota Palu. Jurnal SMARtek.

UU No. 38 Tahun 2004. 2004. Tentang Jalan. Jakarta.

Direktorat Jendral Bina Marga.2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Tamin, Ofyar Z. 2000. Perencanaan Dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB.

PP No. 43 Tahun 1993. 1993. Tentang Prasarana Dan Lalu Lintas Jalan. Jakarta.

Direktur Jendral Perhubungan Darat. 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta: Departemen Perhubungan.

Badan Pusat Statistik Kota Jakarta Timur. 2018. Jakarta Timur Dalam

Angka 2018. Jakarta: BPS Kota Jakarta Timur.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.