ANALISIS DAYA DUKUNG PONDASI BORED PILE DENGAN HASIL UJI PEMBEBANAN LANGSUNG (LOADING TEST)


Aji Aulia, Handi Sudardja

Abstract


Suatu perencanaan pondasi dikatakan benar apabila beban yang diteruskan oleh pondasi ke tanah tidak melampaui kekuatan tanah tersebut. Terjadinya kegagalan pondasi merupakan akibat nilai kapasitas daya dukung pada saat di lapangan tidak sesuai dengan nilai kapasitas daya dukung pada sesuai perencanaan. Tujuan dari studi ini adalah untuk menghitung dan membandingkan daya dukung aksial pondasi bored pile berdasarkan data hasil penyelidikan tanah dari uji SPT, uji laboratorium, dan hasil pengujian pembebanan statik di lapangan (loading test) pada proyek pembangunan jalan tol Cimanggis – Cibitung Seksi II. Hasil perhitungan daya dukung aksial ultimit berdasarkan hasil penyelidikan tanah dari uji SPT 1413,06 ton, dari parameter uji laboratorium sebesar 1041,21 ton, dan hasil pengujian beban di lapangan (loading test) dengan metode Chin sebesar 1626 ton, dengan metode Van deer Veen sebesar 1500 ton, dengan metode Mazurkiewich 1354 ton. Berdasarkan hasil perhitungan dan interpretasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa nilai daya dukung aksial izin hasil uji pembebanan statik lebih besar dari hasil perhitungan pada saat perencanaan.


Kata kunci : Daya Dukung, Bored pile, Loading Test


Full Text:

PDF

References


Z. Arifin, Komparasi Daya Dukung Aksial Tiang Tunggal Dihitung dengan Beberapa Metode, Semarang: Jurusan Teknik Sipil Universitas Diponegoro, 2007.

J. E. Bowles, Analisis dan Desain Pondasi Jilid I (Edisis Keempat), Jakarta: Erlangga, 1992.

B. M. Das, Principles of Foundation Engineering (Eight Edition), Stamford: Cangage Learning, 2014.

P. Girsang, Analisa Daya Dukung Pondasi Bored Pile Tunggal Pada Proyek Pembangunan Gedung Crystal Square, Medan: Jurusan Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara, 2009.

H. C. Hardiyatmo, Analisis dan Perancangan Fondasi Bagian I, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010.

H. C. Hardiyatmo, Analisis dan Perancangan Fondasi Bagian II, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010.

H. C. Hardiyatmo, Teknik Fondasi I, Yogyakarta: Beta Offset, 2006.

H. C. Hardiyatmo, Teknik Fondasi II, Yogyakarta: Beta Offset II, 2006.

U. Jusi, "Analisia Kuat Dukung Pondasi Bored Pile Berdasarkan Data Pengujian Lapangan (Cone dan N-Standard Penetration Test)," vol. 1, no. 2, pp. 50-82, 2015.

N. G. Pratiwi, Perbandingan Daya Dukung dan Penurunan Pondasi Bored Pile dengan Hasil Pile Driving Analyzer (PDA), Depok: Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta, 2018.

Y. D. K. Reni Rochmawati, "Kapasitas Daya Dukung Tanah Terhadap Pondasi Bored Pile pada Bangunan Gedung Rumah Sakit Hermina Provita Jayapura," Journal of Portal Civil Engineering, vol. 1, no. 1, pp. 35-39, 2018.

S. Sosrodarsono and K. Nazakawa, Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi, Jakarta: Pradnya Paramita, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.