ANALISA PERBANDINGAN KOEFISIEN HARGA SATUAN PEKERJAAN PELAPISAN ULANG AC-WC(Studi Kasus : Ruas Jalan Tol Jakarta – Bogor – Ciawi Dan Ruas Jalan Tol Jakarta – Cikampek)


Farah Sandi, Endang Khamdari, Edy Pramono

Abstract


Pekerjaan Pelapisan ulang Asphalt Concrete - Wearing Course (AC-WC) perlu mengacu pada standar koefisien yang telah ditetapkan, agar pelaksanaannya dapat dilakukan secara efisiein sehingga penggunaan alat perlu mengetahui produktivitas alat maupun tenaga kerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui faktor - faktor yang mempengaruhi nilai koefisien upah kerja, alat dan bahan, serta perbandingan besaran nilai koefisien upah kerja, alat dan bahan pekerjaan Pelapisan Ulang AC-WC di lapangan. Penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan data lapangan secara langsung, melakukan analisis data dengan mengolah durasi waktu menjadi produktivitas dari alat berat yaitu: Asphalt Finisher, Dump Truck , Tandem roller dan Pneumatic Tire roller sesuai pedoman PUPR 2016. Hasil penelitian menunjukan rata -rata besaran koefisien alat dan tenaga kerja pada proyek pemeliharaan Ruas Jalan Tol Jakarta – Bogor – Ciawi (Jagorawi) lebih besar dibandingkan dengan koefisien alat dan tenaga kerja pada proyek pemeliharaan Ruas Jalan Tol Jakarta – Cikampek (Japek). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan besaran koefisien alat dan tenaga kerja pada Pekerjaan Pelapisan Ulang AC-WC di dua lokasi studi kasus yaitu pada kondisi lapangan dan metode pelaksanaan di lapangan.


Kata Kunci: Koefisien Harga Satuan Pekerjaan, AC-WC, Alat Berat


Full Text:

PDF

References


Khubab Basari, R. Y. (2014). Analisa Koefisien Produktivitas Tenaga Kerja Pada Pekerjaan Pembesian. JURNAL KARYA TEKNIK SIPIL, 830-839

Ibrahim, Bachtiar. (1993). Rencana dan Estimate Real of Cost. Jakarta : Aksara

Wignall, A. (2000). Proyek Jalan Teori dan Praktek. Jakarta: Erlangga.

Marga, B. (2002). Manual Pekerjaan Campuran Beraspal Panas. Jakarta: Petunjuk Umum 1.

Marga, B. (2008). Pemanfaatan Aspal Butir Dalam Campuran Beraspal Panas. Jakarta: Petunjuk Teknis 3.

Ervianto, Wulfram I. (2004). Manajemen Proyek Konstruksi, Andi, Yogyakarta.

PUPR. (2016). Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum. Jakarta: Kementrian PUPR.

Sukirman, Silvia.(2012). Perkerasan Lentur Jalan Raya, Bandung.

Rostiyanti, Fatena Susy. (2008) Alat Berat untuk Proyek Konstruksi. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.