Kajian Karakteristik Pengendara Sepeda Motor Di Kota Depok


Rizki Fikri Imanulloh, Nuzul Barkah Prihutomo

Abstract


Pada periode 2014 hingga 2018 terjadi kecelakaan lalu lintas di Kota Depok sebanyak 1332 kasus, diantaranya yang tertinggi sebanyak 131 kasus terjadi di Jalan Margonda Raya. dimana salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan adalah kesalahan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik pengendara sepeda motor, tingkat pengetahuan pengendara sepeda motor terhadap peraturan lalu lintas di Kota Depok. Metode analisis data menggunakan softwere Ms.Excel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik pengendara sepeda motor yang lebih dominan adalah berusia 23 sampai dengan 28 tahun, jenis kelamin laki-laki, dan berpendidikan SMA. Sebanyak 59% responden memiliki pengetahuan yang rendah, sedangkan 41% responden memiliki pengetahuan yang tinggi terhadap rambu dan marka jalan.


Kata kunci : Kecelakaan, Lalu Lintas, Kota Depok, Karakteristik


Full Text:

PDF

References


Buku Dasar-dasar Rekayasa Transportasi oleh C.Jotin Khisty dan B.Kent Lall tahun 2005

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Tondok, Marselius Sampe, 2016, “Intensi Kepatuhan Menggunakan Helm Pada Pengendara Sepeda Motor : Aplikasi Teori Perilaku Terencana” Fakultas Psikologi Universitas Surabaya

Anggraini, Dini, 2013, ”Studi Perilaku Pengendara Kendaraan Bermotor di Kota Samarinda” Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, Samarinda

Sadono, Soni, 2016, “Budaya Tertib Berlalu Lintas Kajian Fenomenologis Atas Masyarakat Pengendara Sepeda Motor Di Kota Bandung” Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom Bandung

Buwana, Fannya Dwi Candra, 2018 “Hubungan Antara Kestabilan Emosi dan Sikap Disiplin Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara (Safety Riding)” Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sarry, Yunita Permana dan Widodo, Hananto, 2014, “Upaya Polisi Lalu Lintas Dalam Upaya Kedisiplinan Berlalu Lintas Pengendara Bermotor (Studi Deskriptif Terhadap Program Kanalisasi Lajur Kiri Pada Satlantas Polrestabes Surabaya”

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Khakim, Rizal, 2016, “Hubungan Antara Umur, Tingkat Pendidikan, Masa Berkendara dan Pengetahuan Dengan Perilaku Safety Riding” Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhamadiyah Semarang, Semarang.

Bahari, Adib, 2010 “Tanya Jawab Aturan Berlalu Lintas” Pustaka Yustisia, Jakarta

Anwar, Defia Rosalina, 2017 “Analisis Kecelakaan lalu Lintas Berdasar Tipe Kepribadian dan Pelanggaran Pada Pengendara Sepeda Motor” Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya Jawa Timur

Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Umum Universitas Negeri Suarabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.