ANALISIS KINERJA GERBANG TOL TEBET 2 DENGAN PENGGUNAAN PROGRAM VISSIM


Zefanya Rebecca G. S., Nuzul Barkah Prihutomo, Tan Wyartha

Abstract


Panjangnya antrean kendaraan yang terjadi pada Gerbang Tol Tebet 2 dinilai sudah tidak sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol sehingga menimbulkan pertanyaan mengenai kinerja gerbang tol ini. Tujuan dari penelitian jurnal ini adalah menganalisis kinerja gerbang tol Tebet 2 dengan menggunakan program Vissim. Parameter analisis ini adalah waktu transaksi dan kapasitas gardu. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, waktu transaksi di gerbang tol tinjauan sudah memenuhi SPM Jalan Tol yaitu kurang dari 5 detik, sementara kapasitas gardunya tidak memenuhi SPM Jalan Tol yaitu kurang dari 450 kendaraan/jam. Kemudian analisis ini menghasilkan kesimpulan bahwa antrean kendaraan di gerbang tol Tebet 2 disebabkan oleh beban lalu lintas yang sudah melebihi kapasitas gardu yang ada dan disarankan untuk melakukan peningkatan kapasitas gardu.


Kata kunci : Gerbang Tol, Kinerja, Vissim, Kapasitas


Full Text:

PDF

References


Menteri Pekerja Umum. 2014. Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 16/PRT/M/2014. Menteri Pekerja Umum Republik Indonesia. Jakarta.

Menteri Pekerja Umum. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Menteri Pekerja Umum Republik Indonesia. Jakarta.

Negoro, Y.A.S. (2018). Analisis Pengaruh Manajemen Kecepatan Terhadap Antrean Kendaraan Pada Exit Gerbang Tol Periode Liburan. Tesis. Program Studi Magister

Sistem dan Teknik Transportasi. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.