ANALISIS PELAKSANAAN PENGELOLAAN DAN PEMANTAUAN LINGKUNGAN PEMBANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT


Ajeng Widyaningrum Rahmadhani, Muhammad Naufal Rafif, Suripto Suripto

Abstract


Pembangunan arah vertikal semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah dan kebutuhan penduduk. Hal tersebut yang membuat kegiatan pembangunan gedung bertingkat terjadi. Peningkatan pembangunan yang tidak terkendali akan menyebabkan terjadinya berbagai macam pencemaran lingkungan sehingga untuk mengendalikan pencemaran lingkungan diperlukannya penyusunan dan evaluasi dokumen AMDAL. Tujuan dibuat penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi apakah bentuk pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup dalam dokumen Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) dilaksanakan atau tidak serta menemukan solusi dari permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan RKL dan RPL tersebut. Metode penelitian ini dengan melakukan pengumpulan data, survei di lapangan, menganalisis kesesuaian, menemukan permasalahan dan kendala beserta solusinya, lalu menarik kesimpulan. Dari hasil analisis sebagian besar dokumen RKL telah dilaksanakan, sedangkan untuk dokumen RPL tidak dilaksanakan. Kesesuaian pelaksanaan dokumen RKL secara umum dapat dikatakan sesuai, sedangkan kesesuaian pelaksanaan dokumen RPL dapat dikatakan tidak sesuai.


Kata kunsi : Kesesuaian, Pelaksanaan, RKL, RPL


Full Text:

PDF

References


Anonimous. 1996, Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 48 Tahun 1996 tentang Baku Tingkat Kebisingan. Kementerian Lingkungan Hidup. Jakarta.

Badan Standardisasi Nasional. (2002). SNI No. 03 – 2453 – 2002 : Tata Cara Perencanaan Teknik Sumur Resapan Air Hujan Untuk Lahan Pekarangan. Jakarta.

Calthorpe, Peter. 1992. City of San Diego Guidance System: Transit Oriented Development Guidelines.USA

Gubenur Jawa Barat. (1982). Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat Dareah Tingkat 1 Nomor 660.31/SK/694 – BPKMD/82 Tentang Tata Cara Pengendalian Dan Kriteria Pencemaran Lingkungan Akibat Industri. Bandung.

Kusnoputranto, Haryoto.1985. Kesehatan Lingkungan. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Jakarta.

Rahmadhani W.A., Muhammad N.R. 2019. Studi Pelaksanaan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup Tahap Konstruksi Proyek Rumah Susun Pondok Cina Depok, Jawa Barat, Tugas Akhir Mahasiswa/i Konstruksi Gedung, Perpustakaan PNJ, Depok.

Menteri Kesehatan. (1987). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 718 Tahun 1987 Tentang Pembagian Zona Kebisingan. Jakarta.

Menteri Negara Lingkungan Hidup. (1996). Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 48 Tahun 1996 Tentang Baku Tingkat Kebisingan. Jakarta.

Menteri Tenaga Kerja. (1999). Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 51 Tahun 1999 Tentang Nilai Ambang Batas Faktor Fisika Di Tempat Kerja. Jakarta.

Suratmo, F.G. (1993). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta : Gadjah Mada University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.