ANALISIS PERBANDINGAN HARGA SATUAN PEKERJAAN KOLOM PADA PROYEK SOUTHSIDE APARTMENT


Nur Safaah, Sidiq Wacono

Abstract


Pekerjaan sekecil apapun apabila tidak didukung oleh tenaga kerja dengan kemampuan kerja yang baik, bahan yang bermutu baik, dan alat yang bekerja dengan baik tidak akan memberikan hasil yang maksimal dan memuaskan dalam sebuah proyek. Masalah utama penelitian ini adalah berapa besar analisis harga satuan pekerjaan yang sebenarnya di lapangan pada pekerjaan kolom beton bertulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya harga satuan pekerjaan di lapangan dan membandingkannya dengan AHSP Peraturan Menteri PUPR No 28 Tahun 2016. Untuk mengetahui hal tersebut dilakukan pengamatan dan analisis data untuk mendapatkan harga satuan pekerjaan kolom. Kemudian dilakukan perbandingan harga satuan pekerjaan yang didapatkan dari hasil pengamatan dengan analisis berdasarkan PUPR. Setelah menganalisis data, didapat nilai harga satuan pekerjaan berdasarkan pengamatan di lapangan sebagai berikut: Rp 182.563,- untuk pekerjaan 10 kg pembesian, Rp 249.580,- untuk pekerjaan 1 m2 bekisting, dan Rp 838.857,- untuk pekerjaan pengecoran 1 m3 beton. Harga satuan pekerjaan pada pekerjaan pembesian yang diperoleh lebih rendah 7% dibanding analisis PUPR. Harga satuan pekerjaan pemasangan bekisting yang diperoleh lebih rendah 36% dibanding analisis PUPR. Harga satan pekerjaan pengecoran yang diperoleh lebih rendah 33% dibanding analisis PUPR.
Kata kunci : kolom, produktivitas, koefisien, analisis harga satuan pekerjaan

Full Text:

PDF

References


Abrar, H. (2011). Manajemen Proyek. Yogyakarta: Andi.

Ardana, I. K., & dkk. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Asiyanto. (2005). Manajemen Produksi Untuk Jasa Konstruksi. Pradnya Paramita.

Badan Standardisasi Nasional. (2013). SNI 2847 tentang Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung. Jakarta.

Basari, R. (2019). Jurnal Harga Satuan Bahan Bangunan Konstruksi dan Interior 38. Jurnal HSBBKI, 417-452.

Ibrahim, B. (1994). Rencana dan Estimate Real of Cost. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat. (2016). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 28/PRT/M/2016 tentang Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum. Jakarta.

Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat. (2018). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 22/PRT/M/2018 tentang Pedoman Pembangunan Bangunan. Jakarta

Rostiyanti, S. F. (2008). Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputri, R. S., & Putri, N. F. (2017). Perhitungan Rencana Anggaran Biaya dan Waktu Pelaksanaan pada Pembangunan Rusunawa Gunung Anyar Blok-A Surabaya. Surabaya: Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Sastraatmadja, A. S. (1984). Analisa (cara modern) Anggaran Biaya Pelaksanaan. Bandung: NOVA.

Umar, H. (1998). Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi.

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.