ANALISIS PRODUKTIVITAS DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEKERJAAN PEMASANGAN SANDWICH PANEL PADA PROYEK STASIUN LRT KAMPUNG RAMBUTAN


Fransiska Aprilia Tinara S, Afrizal Nursin

Abstract


Jakarta sebagai ibukota negara memiliki banyak aktivitas yang terjadi salah satunya adalah perpindahan manusia dari tempat yang satu menuju tempat yang lain. Oleh karena itu, agar perpindahan menjadi efektif maka dibagunlah sarana dan fasilitas transportasi yang memadai, dengan sistem yang terhubung satu sama lain. Salah satunya adalah dengan pembangunan jalur kereta cepat, yaitu Light Rapid Transit. Pembangunan sarana transportasi ini merupakan salah satu proyek nasional yang dimiliki oleh Menteri Perhubungan. Oleh karena itu, penyelesaian dan pelaksanaan dari proyek ini seharusnya memiliki performa dan produktivitas yang baik dan tepat waktu karena dipantau oleh banyak pihak. Untuk melengkapi sarana transportasi tersebut pada jalur kereta cepat ini dibangun pula pemberhentian, yaitu bangunan stasiun, pembangunan stasiun ini menggunakan material baru yang belum banyak digunakan dan belum memiliki standar nasional. Dengan latar belakang tersebut, penulis bermaksud untuk menjabarkan produktivitas yang dimiliki oleh pelaksanaan pekerjaan dan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi produktivitas tersebut. Metode studi waktu digunakan untuk perhitungan waktu standar yang diperlukan dalam pemasangan panel maka didapatkan bahwa waktu yang diperlukan adalah 1:30:34 per panel dan dapat mencapai lima pemasangan dalam sehari. Performa produktivitas yang dimiliki oleh proyek dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut bernilai 0.206 atau kurang dari satu yang artinya memiliki keterlambatan dari perencanaan. Selain itu dengan menggunakan metode Relative Index Importance didapatkan sepuluh faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pekerjaan tersebut, antara lain pengaruh cuaca, kurang pengalaman dan pelatihan, dan bekerja pada ketinggian.


Kata kunci: Sandwich Panel; Metode Studi Waktu; Produktivitas


Full Text:

PDF

References


Gasperz, V. 1998. Manajemen Produktivitas Total Strategi Peningkatan Produktivitas Bisnis Global. Cetakan Kedua, September 2000. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Heap, A. 1987. Improving Site Productivity to the Construction Industry. Geneva: Intl Labour Organisation.

Heizer, J., Render, B. Operations Management, Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat

Malamassan, L. 2016. Analisa Produktivitas Pekerjan dengan Metode Time Study pada Proyek Pembangunan Gedung Teknik Industri ITS. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Murodif, A. 2016. Pengukuran Produktivitas dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dalam Pembangunan Gedung Menara Sentra Jaya. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Ogleby, C.H., Parker, H.W., and Howell, G.A. 1989. Productivity Improvement in Construction. New York: Mc Graw-Hill.

Olomolaiye, P.O., Jayawardane A., Harris, F.C. 1998. Construction Productivity Management. England: Longman.

PT. Adhi Persada Gedung. 2019. Metode Kerja Pemasangan Sandwich panel. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.