IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK DAN PENGELOLAAN LIMBAH MATERIAL TAHAP KONSTRUKSI PADA PEMBANGUNAN PROYEK RUMAH SAKIT EMC TANGERANG


Erlan Reza Mahendra, Zurraida Fajryanti Islami, Budi Damianto

Abstract


Limbah konstruksi merupakan hasil kegiatan pembangunan yang dapat menimbulkan dampak bagi lingkungan sekitar. Setiap pekerjaan pada kegiatan konstruksi perlu adanya identifikasi terhadap material yang dapat menimbulkan limbah. Proyek pembangunan Rumah Sakit EMC Tangerang tentu menghasilkan limbah material. Dalam mengidentifikasi limbah material perlu dilakukan observasi lapangan dan wawancara serta memerlukan data volume setiap pekerjaan dan volume material yang tersedia. Hasil analisis dan pembahasan, limbah yang dihasilkan berupa limbah material padat dan memiliki karakteristik yang berbeda sehingga perlu dilakukan pengelolaan yang berbeda agar tidak menimbulkan dampak terhadap lingkungan sekitar.
Katakunci : Limbah Konstruksi; Karakteristik Material; Pengelolaan Limbah.

Full Text:

PDF

References


Dhaneswara. (2016). Analisis Limbah Konstruksi Pada Bangunan Hotel di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Diphusodo, I. 1996. Manajemen Proyek & Konstruksi. Yogyakarta:

Heri Suprapto, S. W. 2009. Studi Model Pengelolaan Limbah Konstruksi Dalam Pelaksanaan Pembangunan Proyek Konstruksi.

Putu Artama Wiguna., Farida Rahmawati., Jermias Haposan. 2009. Identifikasi Material Waste Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus Ruko San Diego Pakuwon City Surabaya). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah 2009, 3.

Sri Puji Hastuti, C. H. (n.d.). 2009. Waste Management Pada Proyek Pembangunan Gedung Sebagai Bagian Dari Upaya Perwujudan Green Construction . (Studi Kasus : Pembangunan Gedung-Gedung Di Universitas Sebelas Maret Suralarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.