ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK APARTEMEN TAMANSARI ISWARA BEKASI


Dhisy Vilandari, Sidiq Wacono

Abstract


Pada proyek konstruksi biasanya terjadi kendala pada pekerjaan proyek tersebut, baik kendala yang memang sudah diperhitungkan maupun kendala yang di luar perhitungan perencana. Kendala tersebut bisa menjadi penyebab terlambatnya penyelesaian proyek, sehingga proyek tersebut tidak berlangsung sesuai dengan rencana.
Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi keterlambatan pada proyek Apartemen Tamansari Iswara Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner pada responden (Kontraktor dan Konsultan) dan di analisis menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS).
Dari hasil analisis didapatkan urutan rangking-rangking tiap faktor yang menjadi penyebab keterlambatan penyelesaian proyek. Faktor-faktor yang menjadi penyebab utama keterlambatan penyelesaian proyek pembangunan Apartemen Tamansari Iswara adalah keterbatasan dana kontraktor, keterlambatan pembayaran kontraktor kepada sub-kontraktor, kurangnya pengalaman manajemen proyek, perencanaan schedule yang kurang tepat dan waktu pelaksanaan yang disediakan terlalu cepat.
Kata kunci : Keterlambatan; proyek konstruksi; SPSS

Full Text:

PDF

References


Alifen, R. S, Setiawan, R. S, Sunarto, A. 2000. Analisa “What If” Sebagai Metode Antisipasi Keterlambatan Durasi Proyek, Dimensi Teknik Sipil, Vol. 2 No. 1, Maret.

Andi, Susandi, Wijaya. H. 2003. On Representing Factors Influencing Time Performance Of Shop-House Contructions In Surabaya, Dimensi Teknik Sipil, Vol. 5 No. 2, September.

Arikunto, 2006, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), Rineka Cipta, Jakarta.

Ervianto, W. 2005. Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi revisi). Andi, Yogyakarta

Harsanto, Budi. 2013. Dasar Ilmu Manajemen Operasi. Unpad Press, Bandung.

PMI. A Guide to the Project Management Body of Knowledge, (PMBOK® Guide)-Fifth Edition.

Raharjo, Sahid. 2019. Cara Melakukan Uji Reliabilitas Alpha Cronbach’s dengan SPSS. Dikutip pada 28 Juli 2019 dari SPSS Indonesia: https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-reliabilitas-alpha-spss.html

Sugiyono, 2005, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.